Tips Membeli Laptop Untuk Pemula


Laptop kini bukan menjadi barang yang mahal, sebab kini harga laptop beragam, yang harus anda tahu yaitu tips membeli laptop. Keberadaan varian laptop dari harganya juga dari banyak sekali nama vendornya mengakibatkan pilihan laptop semakin banyak. Untungnya pembeli mempunyai banyak pilihan, ruginya pembeli semakin galau apabila tidak tahu tips membeli laptop.
Berikut ini kami bagikan pengelaman kami dalam membeli laptop untul pemula.

Anda beli laptop untuk apa?

Inilah yang pertama dan utama ketika anda akan membeli. Bukan hanya untuk laptop sebenarnya, tapi hampir semua barang, termasuk HP, sepeda motor, mobil, rumah, atau istri – oopps! yang ini bukan ya… wkwkwk

Perkirakan nantinya si laptop akan anda pakai untuk apa saja. Laptop untuk apa saja? Iya, sebab kebutuhan setiap orang berbeda. Secara umum memang orang beli laptop untuk mengerjakan pekerjaan yang berkait dengan office, menulis skripsi, menghitung, menciptakan presentasi, dan menciptakan laporan. Namun, banyak juga yang menggunakan laptopnya untuk mengedit foto bahkan video. Belum lagi yang ingin memainkan game kelas berat di laptopnya. Wuih… terang spesifikasi laptop yang dibutuhkan akan semakin beragam. Nah, semakin spesifik anda sanggup merumuskan kebutuhan anda, akan semakin praktis juga nantinya memilih laptop mana yang paling pas tanpa merogoh saku terlalu dalam.

Berapa yang anda anggarkan untuk laptop baru?

Meski terlihat sangat krusial, namun dana ini sesungguhnya hanya nomor dua, sesudah kebutuhan tadi. Saya yakin, kalau anda memang benar-benar butuh laptop dengan spesifikasi tertentu, dan bukan membelinya sebab bujukan sales, hampir niscaya anda akan mengorbankan kepentingan anda yang lain, atau paling buruk menunggu hingga uang yang dibutuhkan cukup. Tidak ada gunanya memaksa membeli sekarang, jikalau anda sanggup menunggu barang satu atau dua minggu. Toh, harga barang-barang elektronik punya kecenderungan untuk turun. Kecuali ketika fluktuasi nilai tukar mata uang kita terhadap dollar sedang bergejolak. Jangan praktis terbakar diskon. Itu saja.

Portabilitas

Yang saya maksud di sini yaitu ukuran, berat, dan fungsionalitas dari laptop pilihan anda itu. Kalau anda sering membawa laptop anda bepergian, maka ukuran layar 11.6 inchi atau 12 inchi itu-lah yang terbaik. Meski ini agak subjektif ya. Netbook, yang rata-rata berukuran layar 10 inchi terasa sangat menyiksa mata, sebab resolusi maksimalnya yang hanya 1024 x 600 pixel. Membuat anda harus melaksanakan scrolling ke kanan-kiri atau atas-bawah untuk melihat keseluruhan halaman situs atau ketikan anda. Menyusahkan. Belum lagi keyboardnya yang tidak mengecewakan cepat menciptakan jari anda kram.

Kalau anda bermaksud menggunakannya untuk keperluan editing, baik foto maupun video, maka laptop dengan layar 15,6 inchi sanggup jadi pilihan, meski buesarnya itu kadang menciptakan kita malas memindahkannya. Bayangkan membawa barang rentan benturan sebesar itu tiap hari ke kawasan kerja, hmmmm, kecuali anda pakai mobil, saran saya: jangan.

Sekarang sudah muncul pilihan baru, si ultrabook. Sebutan laptop tipis yang dipromosikan Intel ini sedang jadi tren. Tipis, ringan, tapi tidak ringan harganya. Hehe…

Daya Tahan Baterai

Baterai juga menjadi perhatian utama sebelum Membeli Laptop. Rumusnya mudah: layar besar – processor besar lengan berkuasa = boros baterai. Pilihan terbaiknya yaitu netbook atau laptop berlayar maksimal 13 inchi. Meski anda sanggup menggunakan software untuk menghemat baterai anda, namun tetap saja itu persoalan ketika setiap dua jam anda harus mengisi ulang baterai laptop anda.

Konektivitas

Inilah yang kebanyakan diabaikan oleh pembeli mula. Para sales biasanya juga tidak secara terbuka mengungkapkan kekurangan yang dimiliki laptop yang dijajakannya. Wi-Fi? Untuk laptop baru, anda tidak usah khawatir. Sudah niscaya ada. Bluetooth? Pastikan ada, meski salesnya memperlihatkan usb bluetooth dongle sebagai alternatif, namun Bluetooth internal bekerja lebih baik.Port USB? Pertimbangkan untuk memperoleh laptop dengan port USB 3.0. Saya jamin anda akan bahagia dengan kecepatan trasfer datanya. Bisa hingga 10 x kecepatan USB 2.0.

Merk

Meski laptop itu tidak ada yang brand ‘jangkrik’ alias murni rakitan, namun anda perlu perhatikan brand ini secara seksama juga. Merk atau brand yang baik terkait dengan layanan purna jual yang baik pula. Artinya, anda akan merasa kondusif jikalau suatu ketika nanti laptop anda mengalami masalah. Saya tidak sanggup menyampaikan bahwa Asus lebih baik dari Acer, atau Apple adalah brand laptop terbaik. Karena masing-masing menyasar pangsa yang berbeda, meski tidak signifikan juga. Kelas yang berbeda, itu tepatnya. Pastikan saja layanan purna jual mereka bagus.

Jangan Malu Bertanya

Ini yang terakhir. Bertanyalah, jikalau anda tidak terlalu paham. Pertama, anda sanggup bertanya pada teman, saudara, atau kenalan yang anda anggap paham. Kedua, googling. Tanya mbah Google dunk…. Ketiga, cari informasi di forum-forum yang berkaitan, macam Kaskus. Meski juga banyak yang berjualan, namun, lebih banyak lagi orang-orang yang juga sedang mencari. Dengan membaca ulasan mereka wacana laptop brand anu tipe anu pada mereka, anda akan mendapat balasan yang relatif lebih jujur dibandingkan kalau anda melihat ke situs resmi milik brand tersebut.

Sekian yang sanggup kami bagikan dalam artikel yang berjudul "Tips Membeli Laptop untuk Pemula" agar bermanfaat. Selain memperhatikan tips-tips diatas silahkan baca artikel kami mengenai tips membeli laptop yang sudah kami tulis juga di blog ini.

Sumber http://wishwondersurprise.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel