Langkah-Langkah Menulis Essay

Dapat tusa menulis essay? beriktu kami ulas Cara Menulis Essay yang Sederhana beserta langkah-langkahnya. Sebenarnya kami juga mengulas mengenai Kiat menulis Essay (esay) yang Baik dan Benar dan bisa baca artikelnya di blog ini.

Namun yang kami akan share di artikel ini ialah langkah-langkah praksis dalam menciptakan atau menulis essay untuk segala keperluan. Mulai dari apa itu essay dan harapannya hingga bisa menciptakan essay.

Cara menulis essay sebetulnya tak sesulit yang Anda bayangkan, mengarang itu apabila tahu tata cara mengarang. Cara menulis essay tanpa perlu mematuhi syarat-syarat bahasa yang rumit dan baku. Karena essay merupakan karangan yang isinya menceritakan buah pikiran penulis yang dituangkan dalam barisan-barisan kalimat.

Makna dan cara Menulis Essay  

Essay, yang dalam KBBI disebut sebagai esai, ialah sebuah karangan prosa yang membahas sebuah topik melalui sudut pandang pribadi penulisnya. Cara menulis essay dapat kita lihat di banyak surat kabar yang beredar.  Essay bisa dipublikasi melalui aneka macam jenis media masa cetak dan digital.  Essay bisa dijumpai dihalaman opini di koran maupun majalah. Biasanya surat kabar menyediakan kolom essay untuk diisi oleh siapa saja yang mengirimkan essay nya kepada redaksi surat kabar. Tentu essay yang tiba harus diseleksi dan dinilai oleh redaktur, sebelum naik cetak.
Essay dan karya tulis berbentuk opini ialah dua hal yang sama. Opini ialah isinya, sedangkan essay ialah karya tulisnya.

1. Bagimana Cara Menulis Essay?

Sebelum Anda menulis sebuah essay, ada baiknya Anda menciptakan sebuah pertanyaan mengenai suatu topik. Setelah itu, Anda bisa menggali jawaban-jawaban yang bisa menjawab pertanyaan yang telah Anda buat sebelumnya. Dari jawaban-jawaban itu, Anda bisa menarik sebuah kata kunci yan kemudian bisa Anda analisis lebih jauh untuk menjadikannya sebuah goresan pena yang baik.
Cara menulis essay sebaiknya diadaptasi dengan kemampuan bahan atau topic yang Anda kuasai.  Termasuk gaya tulisannya, ada penulis essay yang menyukai gaya goresan pena lugas, apa adanya tanpa perlu repot memakai personafikasi dan kiasan-kiasan, pokoknya pribadi membongkar inti permasalahannya.
Ada juga penulis yang mempermainkan tenggang rasa pembacanya dengan gaya bahasa yang meyakinkan.  Pembaca ikut dibawa menuju pokok permasalahan melalui kalimat-kalimat naratif terlebih dahulu.

Kembangkan kata kunci pada essay

Nah, di sinilah, Anda perlu membaca. Bacalah semua hal yang bekerjasama dengan kata kunci Anda. Anda bisa membacanya berulang-ulang supaya bisa memahami dengan baik mengenai sebuah topik yang ingin Anda angkat sehingga bisa berbagi argumen dalam menjawab pertanyaan yang telah Anda buat sebelumnya.
Dalam menentukan bacaan, hendaknya Anda berpedoman pada beberapa pertanyaan di bawah ini:
  • Apakah bacaan ini bekerjasama dengan topik yang saya pilih?
  • Apakah bacaan ini mendukung tanggapan saya atas pertanyaan yang sudah saya pilih?
  • Apakah bacaan ini bisa mengembang argumen-argumen saya?
Bacaan atau literature yang mendukung goresan pena essay berkhasiat untuk menambah nilai goresan pena Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Anda Membaca?

Setelah merumuskan sebuah pertanyaan, Anda sanggup mencari jawaban-jawabannya dengan cara membaca. Saat membaca, Anda harus segera membiasakan diri untuk mencatat apa saja hal-hal yang bisa Anda ambil darinya.
Tidak semua orang mempunyai ingatan yang besar lengan berkuasa atas bacaannya, maka opsi mencatat secara tertulis sangat dianjurkan supaya Anda tidak kehilangan poin-poin penting.

Menyusun Ide dan Mulailah Menulis Essay!

Anda sudah mempunyai sebuah pertanyaan mengenai sebuah topik. Anda sudah mencatat poin-poin yang bisa mendukung jawaban-jawaban Anda atas pertanyaan tersebut. Apa lagi?
Nah, Anda harus mulai menyusun catatan-catatan tadi ke dalam suatu bentuk jawaban. Putuskan poin-poin mana saja yang akan Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan tadi. Anda harus mengkaji catatan Anda dan menentukan poin mana yang akan Anda bahas terlebih dahulu.
Membuat sebuah kerangka sederhana ialah cara yang paling efektif untuk mengkomunikasikan wangsit dan jawaban-jawaban Anda. Kerangka sederhana itu biasanya meliputi:
  • Pendahuluan
Yang dimaksud pendahuluan yakni menceritakan secara singkat mengenai wangsit pertanyaan dan tanggapan yang sudah Anda persiapkan. Pendahuluan berfungsi menceritakan permasalahan dan perkembangan permasalahan hingga di mana.
  • Isi
Isi essay merupakan  bagian  di mana Anda menjawab pertanyaan yang sudah Anda buat itu dengan cara berbagi argumen-argumen Anda. Pengembangan argument harus sesuai tetap focus pada satu tujuan masalah. Berilah lansiran teori –teori sebagai acuannya.
  • Kesimpulan
Sedangkan bab terakhir kesimpulan yakni fase dimana Anda memperlihatkan bahwa Anda telah menjawab pertanyaan yang sudah dibuat. Jangan pernah memasukkan informasi atau argumen gres di luar isi yang sudah Anda jabarkan. Kesimpulan merupakan solusi dari permasalahan yang diutarakan.

Tips supaya essay bisa ditayangkan di media massa

Siapa sih yang tak ingin karyanya bisa ditayangkan di surat kabar? Semua esais mendambakan karyanya selalu ditayangkan di surat kabar tempat atau bahkan koran skala nasional.  Menembus surat kabar merupakan salah satu sasaran penulis essay. Setiap hari ada puluhan essai yang masuk ke meja redaksi. Oleh alasannya itu redaktur surat kabar begitu selektif menentukan puluhan esai untuk dimuat ke halaman opini. Radaksi mempunyai kreteria-kreteria tertentu terhadap essay yang masuk ke meja redaksi.  
Oleh alasannya itu diharapkan sedikit kejelian dari penulis supaya tulisan/ essaynya bisa lolos seleksi dari team redaksi. Berikut ini tips ringkas supaya essay Anda bisa mencuri perhatian redaksi.
  • Pilih tema yang bersifat kekinian
 Sebelum memulai menulis pilihlah tema terlebih dahulu. Tentukan tema yang bersifat kekinian, issue-issue yang sedang hangat dibicarakan kalayak ramai menjadi salah satu pertimbangan redaksi.  Jangan pernah menulis essay dengan  issue yang sudah kadaluarsa, essay menyerupai ini bakalan tak dihiraukan oleh redaksi. 
 Gabungkan permasalahan yang tengah berkembang dengan opini penulis sebagai solusinya.  Sering-seringlah memantau gosip –berita di media masa, cari isue nasional yang  sedang hangat, kemudian pribadi susun kerangka karangan kemudian gunakan cara penulisan essay menyerupai yang telah digambarkan diatas. Usahakan jangan menunda-nunda tulisan, kerana issue yang Anda tangkap durasinya mungkin cukup singkat.  Sebaiknya selesaikan issay Anda dalam satu hari.
  • Bahasa lezat dicerna
Tips yang kedua gunakan bahasa tulis yang gampang dicerna, lezat dibaca oleh semua kalangan. Sebenarnya untuk mencapai taraf goresan pena yang lezat dibaca perlu latihan dan jam terbang tinggi.  Namun kunci suksesnya ialah saat Anda menulis essay, sebisa mungkin posisikan diri Anda bukan sebagai penulis melainkan pembaca.  Dengan demikian niscaya goresan pena ini menjadi sebuah essay yang informative dan tak terkesan menggurui melainkan mengajak pembaca memahami.
  • Memberikan solusi
Essay yang baik tak hanya sekedar mengutarakan issue dan seputar permasalahan saja, melainkan juga harus memperlihatkan sebuah jawaban  dari permasalahan yang sedang berkembang.  Misalnya persoalan gaya hidup cukup umur yang cenderung hedonis dan konsumtif, selain dipaparkan kekewatiran juga harus ada sebuah anjuran solusi dari persoalan tersebut. Jawaban dari persoalan bisa dikeluar dari sudut pandang agama, norma masyarakat maupun koridor hukum. Semua terserah Anda sesuai dengan kemampuan Anda menganalisa sebuah permasalahan yang diutarakan dalam esai.
  • Karakter Media massa
Pemilihan mana media massa yang akan dituju atau dikirim essay. Koran yang berskala nasional biasanya memberlakukan criteria yang ketat bagi essay –essay yang masuk meja redaksi. Peluang naskah dari penulis pemula bisa lolos sangat  sempit, tapi bisa jadi  diterima asalkan memenuhi evaluasi dari redaktur. Honornya pun cukup besar bagi naskah yang telah ditayangkan. Sedangkan koran lokal biasanya lebih gampang dalam urusan seleksi esay dan peluang naskah Anda bisa ditayangkan cukup besar.
  • Kesempurnaan Tulisan
Setelah essay selesai ditulis, periksa lagi karangan, agresi kedua ialah pengeditan dan proofreader.  Sunting kalimat-kalimat yang sekiranya rancu/ ambigu, gunakan kata-kata yang monoton dan menggurui pembaca. Permainan diksi sangat membantu meloloskan essay Anda pada seleksi beriktunya. Tak lupa periksa sekali lagi apakah essay yang Anda tulis ada kesalahan ketik. Perhatikan juga tanda baca, dan jangan meringkas kata menjadi kependekan yang tak sesuai dengan kaidah baku. Dalam essay diharamkan meringkas kata dengan singkatan.

Demikian tadi yang sanggup kami ulas mengenai Langkah-langkah menulis essay, tidak begitu sulit bukan. Setelah tahu langkah-langkah menulis essay yang perlu anda lakukan ialah mencoba menciptakan essay sendiri. Hasilnya niscaya tidak bagus, itu masuk akal dalam menulis pertama kali kedua ketiga dan seterusnya anda akan bisa menulis essay dengan baik dan benar, selamat mencoba!

Sumber http://wishwondersurprise.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel