Sebab-Sebab Terlambat Tiba Bulan

Penyebab Terlambat Datang Bulan atau alasannya yaitu terlambat haid. Terlabat tiba bulan belum tentu lantaran hamil, tiba bulan yang terlambat atau terlambat haid yang tidak disertai kehamilan, Absennya menstruasi selama satu periode atau lebih disebut amenorrhea. Wanita yang tidak mengalami menstruasi tiga kali berturut-turut termasuk dalam kategori amenorrhea. Hal itu juga dialami oleh perempuan dengan umur tertentu, Begitu juga dengan perempuan di atas 16 tahun yang belum mendapat menstruasi. 

Datang bulan atau yang biasa disebut haid maupun menstruasi yaitu hal yang dialami oleh perempuan yang menunjukan telah datangnya kemampuan bereproduksi pada usia tersebut. Berbagai faktor mengakibatkan masa datangnya haid serta siklus haid yang dialami setiap perempuan berbeda-beda. Umumnya seorang perempuan mengalami siklus menstruasi 25-30 hari, tergantung dari kondisi setiap wanita. Adanyaketerlambatan dari kegiatan tiba bulan sebelumnya selama berhari-hari atau bahkan beberapa bulan sanggup disebabkan oleh beberapa hal yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Terlambat Datang Bulan

Sebab Terlambat Haid


Jika Anda merupakan salah satu perempuan yang mengalami terlambat tiba bulan, faktor-faktor berikut ini perlu diperhatikan semoga sanggup dilakukan upaya pengobatan maupun pencegahan sedini mungkin :
  • Hamil, penyebab ini berlaku bagi perempuan yang pernah melaksanakan relasi intim. Hal ini sanggup dideteksi dengan melakukan tes kehamilan memakai testpack atau alat tes kehamilan lainnya.
  • Stress
  • Konsumsi Obat, menyerupai obat KB atau obat penunda tiba bulan
  • Hormon
  • Penyakit, terutama penyakit yang berafiliasi dengan organ reproduksi perempuan menyerupai endometrosis
  • Menjelang menopouse
  • Terlalu capek

Penyebab terlambat haid di atas sanggup terjadi pada setiap wanita, contoh hidup sehat sanggup membantu meminimalisir penyebab tersebut. Hindari stress dan capek berlebihan. Siklus menstruasi yang teratur sanggup memudahkan terdeteksinya kehamilan secepat mungkin. Bila hasil tes kehamilan negatif namun tak kunjung mendapat haid dalam jangka waktu yang terlalu lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Menstruasi atau haid yaitu proses bulanan tumpahan lapisan pecahan dalam dan darah uterus melalui liang kelamin perempuan atau vagina pada wanita. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada perempuan yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di pecahan dalam rahim atau endometrium. Terlambatnya haid penyebabnya yaitu macam-macam menyerupai sudah kami kemukakan di atas.

Sumber http://wishwondersurprise.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel