Resep Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado Special

Resep Cumi Woku Tinta Belanga - Versi Wikipedia woku yaitu bumbu makanan ala Manado, provinsi Sulawesi Utara Indonesia yang terbuat dari aneka macam macam bumbu dan biasa digunakan untuk memasak daging dan hidangan laut. Daging yang digunakan mulai daging sapi, ayam, belibis dan ikan ibarat ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, udang, kepiting serta cumi-cumi. Di Minahasa, Sulawesi Utara sekarang terdapat dua jenis woku, yaitu woku balanga (masakan woku yang dimasak dengan belangga) dan woku daun (masakan woku yang dimasak dalam daun).

Konon masakan woku mendapat namanya dari daun woka. Daun Woka yaitu salah satu jenis daun lontar yang sering digunakan untuk pembungkus nasi. Jika ditelusuri lebih jauh lagi, dalam sejarah masakan Manado, bumbu woku yaitu bumbu masakan adonan ala Manado yang kaya rasa dengan ciri khas pedas. 

Bagi bunda yang bukan orisinil Manado niscaya bertanya-tanya, bumbu woku itu terbuat dari apa saja sih? Sebenarnya bumbu woku memakai bumbu dapur yang sering kita gunakan untuk memasak sehari-hari. Bumbu dapur tersebut di antara lainnya yaitu daun kemangi, daun jeruk, daun pandan, kunyit, serai, daun bawang, tomat, cabai rawit, jahe dan bawang putih. Untuk menciptakan woku belanga / balanga harus memakai panci atau kuali untuk menunis / menggoreng bumbu hingga matang.

Umumnya bumbu halus dan bumbu rajang ditumis terlebih dahulu di dalam kuali dengan memakai sedikit minyak, kemudian masukkan aneka daging, hewan bahari atau materi lainnya yang akan dimasak woku hingga matang. Nah, pada kesempatan kali ini harianresep.blogspot.com akan membagikan salah satu masakan woku yang patut untuk dicoba. Kali ini kami akan memakai cumi yang dimasak dengan bumbu manado yaitu Cumi Woku Tinta Belanga.


Kenapa disebut cumi woku tinta? Karena dalam pembuatan cumi masak pedas ala bumbu Manado ini kami memakai sedikit tinta cumi ke dalam bumbunya. Sebenarnya tak harus memakai tinta cumi atau bahkan malah memakai tinta hitam cumi yang banyak ke dalam bumbunya. Semua sesuai selera saja, kalau dalam resep cumi woku tinta ini kami memakai sedikit ya.

Untuk aroma sedapnya, selain memakai daun jeruk dan daun kunyit di sini kita juga akan memakai daun kemangi. Penggunaan kemangi sanggup di atur sesuai dengan selera. Jika tidak ada skip saja daun kemanginya tak apa-apa, tetap yummy dan bacin khas woku kok. Karena bumbu rempah yang digunakan sudah cukup komplit sebagai bumbu woku yang sedap.

Oke deh, yuk pribadi saja bun di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado ibarat berikut ini.

Step By Step Cara Membuat Cumi Woku Tinta Belanga

 Versi Wikipedia woku yaitu bumbu makanan ala Manado Resep Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado Special
Resep Cumi Woku Tinta By Bunda Junetha Cinthya Cookpad

Bahan-bahan Cumi Woku :

  • Cumi-cumi segar 8 buah
  • Cabe rawit hijau 2 buah
  • Cabe rawit merah 2 buah
  • Cabai merah besar 1 buah
  • Kunyit debu 1/8 sendok teh (bisa diganti kunyit segar 1/2 ruas jari)
  • Sereh 1 batang
  • Daun bawang 1 batang
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Tomat cherry 4 buah (bisa diganti tomat biasa 1 buah)
  • Minyak goreng 5 sendok makan
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Bawang merah 6 siung
  • Jahe 1 ruas jari kelingking
  • Daun kemangi secukupnya
  • Tinta cumi sedikit saja atau sesuai selera

Cara Membuat Cumi Woku :

  1. Langkah pertama bersihkan cumi, potong-potong kemudian sisihkan.
  2. Bumbu Halus : blender bawang merah, kemiri, cabai rawit, cabai besar dah jahe. Sisihkan.
  3. Selanjutnya iris tipis daun bawang / bawang prei dan potong-potong tomat, sisihkan.
  4. Setelah itu siapkan panci yang sudah berisi minyak goreng. panaskan, masukkan sereh yang sudah digeprek, bumbu halus yang diblender tadi dan daun jeruk. Tumis hingga tercium aroma sedap. Masukkan pecahan cumi-cumi, aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Tambahkan air secukupnya, masukkan daun kunyit dan tomat aduk rata. Tambahkan garam, gula dan debu kunyit, aduk kembali hingga merata. Masak hingga mendidih, kemudian tambahkan irisan daun bawang dan kemangi.
  5. Aduk rata dan terus masak hingga air agak sedikit berkurang, matikan kompor. Angkat.
  6. Cumi woku tinta balanga siap untuk sajikan hangat-hangat. Nyam!

Cumi-cumi yang biasa dimasak Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah, cumi rica, cumi saus padang, cumi pedas, Cumi Asin Cabai Hijau, cumi goreng crispy, yummy juga loh di masak dengan bumbu woku ibarat ini. Rasanya segar dengan aroma rempah yang khas woku. Paling yummy disajikan saat masih hangat bersama nasi putih pulen. 

Oh iya dalam Resep Cumi Woku Belanga ini kami memakai sedikit tinta cumi. Tidak semua dan tidak yang harus menjadi hitam. Kami gunakan tinta cumi hanya untuk menambah aroma dan rasa saja. Kalau ingin banyak tintanya juga tak masalah, jadi tergantung selera masing-masing ya bun. Untuk penggunaan cabai juga begitu, silahkan atur jumlahnya sesuai selera. Jika suka pedas ya tinggal tambahkan saja dari pedas, pedas banget dan super pedas :)

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado Special. Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share ya bunsay :) makasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel