Contoh Makalah Literasi Sains

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Literasi Sains

 menyatakan literasi sains berarti penghargaan pada ilmu pengetahuan  dengan cara meningka Contoh Makalah Literasi Sains
Contoh Makalah Literasi Sains


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Literasi Sains. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Literasi Sains:

Pengertian Literasi Sains
Holbrook(2009) dalam jurnalnya The meaning of science, menyatakan literasi sains berarti penghargaan pada ilmu pengetahuan dengan cara meningkatkan komponen-komponen berguru dalam diri biar sanggup memberi bantuan pada lingkungan social. Dari kalimat diatas literasi sains mempunyai arti luas, setiap kalangan sanggup memperlihatkan bantuan dalam mengartikan literasi sains. Setiap kalangan umur memperlihatkan bantuan terhadap teknolgi menurut tingkat pemahaman yang dimilikinya. Secara umum literasi sains mempunyai beberapa komponen, komponen tersebut adalah: 
  • mampu membedakan mana konteks sains dan mana yang bukan konteks sains
  • mengerti bagian-bagian dari sains dan mempunyai pemahaman secara umum aplikasi sains
  • memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan sains dalam pemecahan masalah
  • mengerti karakteristik dari sains dan mengerti kaitannya dengan budaya
  • mengetahui manfaat dan resiko yang ditimbulkan oleh sains

Komponen-komponen diatas merupakan dasar pengembangan dari indikator yang akan disusun untuk meneliti lebih lanjut literasi sains. 

Jika dikaitkan dengan taksonomi bloom literasi sains ini sejajar dengan aplikasi konsep dalam kehidupan sehari-hari. Jika dikembangkan lebih lanjut tahap aplikasi konsep dalam kehidupan sehari-hari, akan membuat kemampuan dalam membuat sesuatu. 

Aplikasi dan mengkreasikan sesuatu telah masuk pada berpikir tingkat tinggi, jadi literasi sains secara sanggup meningkatkan kemampuan tingkat tinggi seseorang. Kemampuan tingkat tinggi yang sanggup dikembangkan dalam literasi sains yaitu sanggup memakai konsep sains dan teknologi, bisa menempatkan, mengklasifikasikan teknologi informasi untuk memecahkan problem sehari-hari biar sanggup membuat keputusan, sanggup membedakan bukti sains dan bukti teknologi untuk mengetahui informasi yang reliable dan yang tidak reliable, bisa memperlihatkan klarifikasi mengenai fenomena yang terjadi menurut konsep yang telah dipahami, sanggup memakai metode ilmiah dalam memecahkan problem dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa menganalisis relasi sains dan teknologi dengan warta yang berkembang dalam masyarakat. Produk-produk berpikir tingkat tinggi diatas sanggup dipilih sesuai dengan porsi literasi sains yang diinginkan. Indikator literasi sains dan berpikir tingkat tingkat tinggi tentu diubahsuaikan dengan individu yang akan ditinjau. Dengan pemilihan indikator yang berbeda, maka akan memperlihatkan pengertian literasi sains yang berbeda. Namun secara garis besar literasi sains mempunyai arti yang sama yaitu bisa mengaplikasikan konsep-konsep keilmuwan dalam memecahkan problem sehari-hari. 

Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika

Menurut standar kompetensi yang terdapat pada Kurikulum 2006, terdapat dua tujuan pelajarn fisika di sekolah yang sejalan dengan literasi sains, dua kemampuan itu adalah
  1. Kemampuan untuk sanggup menyebarkan pengalaman biar sanggup merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrument percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara verbal atau tertulis.
  2. Mengambangkan kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif dengan memakai prinsip fisika untuk menjelaskan aneka macam kejadian alam dan menuntaskan problem baik secara kualitaif maupun kuantatif. 
Dengan dua tujuan dari pelajaran fisika ini, diperlukan sekolah sebagai forum pendidikan formal sanggup membuat lingkungan pembelajaran demi tercapainya tujuan pelajaran fisika. Pertanyaannya yaitu apakah pembelajaran fisika dikelas sudah melatihkan kemampuan literasi sains siswa?. untuk itu sebagai seorang guru tentu kita harus mempunyai wawasan pembelajaran menyerupai apa yang bisa diaplikasikan biar kemampuan literasi sains siswa sanggup meningkat. Kompoenen-komponen pembelajaran mulai dari perencanaan, proses dan penilaian harus dikuasai oleh guru biar tujuan yang diinginkan sanggup tercapai. 

Pembelajaran yaitu penciptaan lingkungan biar manusia-manusia yang ada didalamnya mengalami pengalaman tertentu sehingga, jawaban dan tingkat laris seseorang sanggup berubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, atau dari suatu keadaan ke keadaan lain yang diinginkan dalam tujuan pembelajaran. 

Dalam penyusunan rangkaian pembelajaran, mengacu pada kompetensi apa yang ingin dicapai. Setiap kegiatan dalam proses pembelajaran memperlihatkan andil bagi kompetensi yang ingin dilatihkan pada siswa. rangkaian acara pembelajaran terangkum dalam model pembelajaran yang digunakan. Pemilihan model pembelajaran yang dipakai diubahsuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Jika tujuan pembelajarannya yaitu ingin melatihkan kemampuan literasi sains maka guru harus menentukan model pembelajaran yang sanggup melatihkan kemampuan literasi sains pada siswa. 

Terdapat prinsip-prinsip penting yang harus ada dalam sebuah pemebalajaran yang bertujuan untuk melatihkan kemampuan literasi sains pada siswa. prinsip-prisip tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. Membuat pembelajaran lebih konseptual, sehingga siswa bisa mengintegrasikan konsep dengan kehidupan sehari-hari. Setelah siswa memahami konsep, siswa dituntun biar sanggup melihat aplikasi dari konsep yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Agar siswa lebih termotivasi dalam belajar, maka guru harus sanggup menset pembelajaran yang interaktif.
  3. Buat pembelajarn lebih konseptual, berikan informasi pada siswa mengenai kejadian terbaru yang terjadi dan berkaitan dengan konsep yang dipelajari.
  4. Buat topic yang dipelajari ada kaitannya dengan warta social yang sedang hangat dibicarakan.
  5. Siswa diajak untuk memahami topic topic secara lebih mendalam sehingga siswa benar-benar mengerti mulai dari konsep hingga aplikasi mengenai topic tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 
Kelima prinsip diatas yaitu hal-hal yang dilarang ditinggalkan dalam sebuah pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan literasi sains. Terdapat beberapa model yang bisa dipakai dalam melatihkan kemampuan literasi sains. Contoh model pembelajaran yang melatihkan kemampuan literasi sains yaitu model pembelajaran berbasis inkuiri. Secara garis besar model pembelajaran berbasis inkuiri mempunyai hal-hal penting dimana disetiap tahapannya mempunyai tujuan tertentu.

Selengkapnya mengenai isi dan susunan Contoh Makalah Literasi Sains ini, silahkan lihat pada file preview dan unduh pada link di bawah ini.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Literasi Sains


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Literasi Sains.docx



Demikian share file Contoh Makalah Literasi Sains, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel