Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya

 Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya
Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya:

Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu Negara Maritim terbesar di dunia dengan jumlah pulau sekitar 17.500 pulau dan mempunyai garis panjang pantai terpanjang kedua di dunia sesudah Kanada (18.000km2) sehingga luas wilayah Indonesia 2/3 merupakan wilayah lautan. Dengan potensi wilayah tersebut Indonesia mempunyai potensi ekonomi di sektor kelautan dan perikanan baik berupa perikanan tangkap maupun perikanan budidaya yang merupakan suatu potensi yang sanggup dimanfaatkan untuk menuju Indonesia yang maju dan makmur (Solikhin,dkk : 2005).

Pembangunan perikanan intinya dititikberatkan pada perikanan tangkap dan perikanan budidaya . Pada dekade 80-an perikanan budidaya mulai menerima perhatian (budidaya udang di tambak) Menjelang thn 90-an mulai dirintis perjuangan budidaya ikan di bahari Potensi pengembangan lahan perikanan budidaya = 27.671.178 ha, terdiri dari : 2.230.600 ha (air tawar), 913.000 ha (air payau), 24.528.000 ha (air laut).Tahun 2004 lahan yang dimanfaatkan mencapai 262.000 ha (air tawar), 500.000 ha (air payau), dan 370.000 unit budidaya di laut. Sehingga sanggup dikatakan bahwa peluang pengembangan lahan pembudidayaan ikan di Indonesia masih sangat menjanjikan.

Sektor perikanan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu perikanan budidaya dan perikanan tangkap. Perikanan tangkap umumnya merupakan kegiatan ekonomi masyarakat yang dilakukan dengan menangkap ikan di perairan dengan memakai banyak sekali macam alat dan metode. Sebagian besar ikan yang ditangkap berasal dari perairan laut, apabila hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan mengakibatkan kerusakan ekosistem pada perairan itu sendiri. Maka dari itulah dibutuhkan adanya perikanan budidaya yang sanggup terus berproduksi tanpa harus merusak ekosistem perairan.

Subsektor perikanan budidaya kini tengah ditingkatkan pengembangannya sesudah perikanan tangkap tak sanggup lagi diandalkan untuk menjaga ketersediaan stok ikan nasional. Sumberdaya perikanan terdiri dari sumber daya perikanan bahari dan sumberdaya perikanan air tawar. Disamping sumberdaya perikanan bahari yang mempunyai keunggulan dan potensi untuk dikembangkan, sumberdaya perikanan air tawar juga sangat potensial untuk dikembangkan. Sumberdaya perikanan air tawar ini mencakup sungai, danau, waduk, rawa dan genangan air lainnya yang sanggup mendukung kegiatan perikanan. Salah satu komoditi perikanan air tawar yang sanggup menjadi alternatif perjuangan di bidang perikanan dalam rangka menjalankan perekonomian di Indonesia yakni ikan konsumsi.

Salah satu kebijakan dalam perkembangan budidaya perikanan yakni pengembangan tempat untuk komoditas unggulan. Pengembangan komoditas unggulan ditetapkan untuk lebih memacu kegiatan budidaya dimana komoditas unggulan ini mempunyai kriteria antara lain, bernilai irit tinggi, teknologi budidaya yang sanggup diterapkan telah tersedia, seruan luar negeri dan lokal tinggi, dan sanggup dibudidayakan dan dikembangkan secara massal. Beberapa komoditas unggul yang akan dikembangkan yakni rumput laut, catfish, nila, bandeng, udang, ikan mas, gurame, kakap, dan kerapu.

Rumusan Masalah
Rumusan dilema dari makalah ini adalah:
  1. Bagaimana kebijakan pembangunan perikanan budidaya ?
  2. Bagaimana Misi dan Renstra KKP dan Dinas?
  3. Bagaimana aktivitas kerja KKP dan Dinas perikanan budidaya?
  4. Bagaimana Implementasi kebijakan KKP dan Dinas perikanan budidaya?

Tujuan
Tujuan makalah ini adalah:
  1. Mengetahui kebijakan pembangunan perikanan budidaya.
  2. Mengetahui Misi dan Renstra KKP dan Dinas.
  3. Mengetahui aktivitas kerja KKP dan Dinas perikanan budidaya.
  4. Mengetahui Implementasi kebijakan KKP dan Dinas perikanan budidaya.

Selengkapnya mengenai isi dan susunan Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya ini, silahkan lihat file preview dan unduh filenya pada link di bawah ini.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya.docx



Demikian share file Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya, biar sanggup membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel