Teks Tausiyah Dakwah Dan Ramadhan untuk Whatsapp

Pada artikel yang telah kemudian kami sampaikan dalam Teks Tausiyah Dakwah Dan Ramadhan untuk Whatsapp yang merupakan kumpulan sms-sms islami ramadhan yang jumlahnya ada 4 edisi, maka inilah edisi yang terakhir.
Namun bagi anda yang masih menginginkan sms-sms tausyiah, kami masih akan memposting namun dengan judul yang berbeda, sehingga bagi anda yang sering update status dengan kata-kata islami atau sms dakwah tidak perlu khawatir

  • SMS Tausiyah Dakwah dan SMS Ramadhan Edisi Iv

Yaa Allah, tunjukkan kepadaku jalan yang Engkau Ridloi, Sesungguhnya ku nrimo dengan takdir-Mu, Engkau tidak akan menyesatkan umat-Mu, Yaa Rabbku, kuberserah diri kepada-Mu, izinkan ku berjihad dijalan-Mu.

Aslm. Apa yang kita cari saudaraku hingga kita harus mencucurkan keringat dan air mata sedang banyak orang mentertawakan kita? Apa yang kita cari saudaraku hingga kita banyak melewatkan kesempatan untuk bergelimang jabatan dan ketenaran? Apa yang kita harapkan hingga kita terus membalas fitnah dan hinaan dengan pinjaman yang tulus? Kita harap Ia mengasihi kita hingga Ia pun melembutkan hati mereka dengan cinta......

Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yang berilmu, diperjuangkan oleh orang-orang yang nrimo dan dimenangkan oleh orang-orang pemberani...bla...bla...undangan rapat dst.

Pagi dunia...satu hari berganti dan hingga dimana kita, dari jejak keseratus kematian. Jika Al-Faruq telah memperabukan kapalnya. Maka apa yang sudah kita lakukan untuk tetap konsisten. Ayo berjuang, lantaran kitalah da’i itu, bukan siapa-siapa.

Sungguh mengharu biru ya..ditengah semua kebaikan yang Allah berikan, ada banyak ibu2 yang antri minyak, yang makan singkong lantaran beras mahal, yang kembali pada kayu bakar...mari limpahkan do’a untuk kebaikan Indonesia. Semoga sabar dan syukur jadi pakaian penduduknya..semoga Allah memberkahi Indonesia dan seluruh negeri

Asw. Manusia sejati yakni insan yang selalu menyadari kelemahan dan kerapuhan dirinya sehingga ia selalu berusaha terus menerus memperbaiki diri, hingga ia tiba kehadapan penguasa kehidupan ini dengan penuh ketenangan.Bla...bla permintaan rapat dst.

”Berbahagialah lantaran orang lain senang dan bersedihlah ketika tidak bisa membuat orang lain bahagia”...bla...bla...undangan rapat.

Hiasilah tidurmu dengan tetesan air wudhu, pejamkan matamu dengan alunan dzikrullah..selimutilah tidurmu dengan kalimat syahadat, alaskan tidurmu dengan sepotong do’a.

Selalu ada harapan dalam keyakinan, selalu ada keteguhan dalam kesabaran, selalu ada nasihat dalam kesyukuran...rangkullah dakwah sebagai cinta, dekaplah dengan pengorbanan, hangatkan dengan ukhuwah, sirami dengan air mata malammu, hiasi harinya dengan taqwa, sempurnakanlah wujudnya dengan sopan santun mulia, jadikan dihatimu sebagai pelita...untuk saudari2ku yang tak pernah lelah berjuang. Teruslah berjuang dan berkarya...Innallaha ma’ana!!..Dan jikalau pengorbanan ini yang akan mengantarkan kita ke syurga, mengapa kita harus ragu? Love u, senantiasa jaga kondisi, ruh, jasad dan fikriyah.

”Ya Allah janganlah Engkau muliakan kami dengan kehinaan ataupun Engkau hinakan kami dengan kemuliaan”....bla..bla...undangan rapat dst.

Asw. Mengaku kekurangan diri yakni tangga kesempurnaan budi, keberanian yang luar biasa itu yakni berusaha terus mengisi kekurangan. Semoga apa (kelebihan dan kekurangan) yang didapat hari ini bisa kita petik hikmahnya, lantaran orang mu’min, kapan dan dimanapun ia menemukannya, maka ia lah yang paling berhak menerimanya.

Ketika kehidupan beri seribu alasan untuk menangis. Tunjukkan bahwa kau punya sejuta alasan untuk tersenyum..ketika kau merasa yang terlemah, ingatlah bahwa selalu da orang yang selalu tersenyum untuk menguatkanmu.

Asw. Telah disampaikan oleh Ibnu Qayyim bahwa pada hari2 selesai hayatnya Ibnu Taimiyah berkata : ”Demi Allah, semenjak saya memasuki pandai baligh hingga ketika ini, saya tidak yakin bahwa saya bisa menjalankan aliran Islam dengan baik. Karenanya saya selalu berusaha memperbaiki ke-Islaman-ku”......bagaiamana dengan kita?

Ketika waktu terus berjalan dan umur telah ditentukan , tak kita sadarai ketika kita melangkah ke depan tanpa berbuat sesuatu yang berarti untuk orang lain itu sesungguhnya kebodohan. Mencari kepuasan untuk dunia tidak akan ada akhirnya, dan siapkah kita seumpama nyawa kita di ambil ketika ini, detik ini? siapkah kita meninggalkan orang-orang yang kita cintai tanpa meninggalkan kesan dan pesan berarti untuk mereka?

Doa Nabi Saw...” Ya Allah, perbaikilah agamaku yang merupakan sandaran segala urusanku. Dan perbaikilah urusan duniaku yang merupakan daerah tinggalku, dan perbaikilah akhiratku yang merupakan daerah kembaliku..dan jadikanlah kehidupanku sebagai pelengkap bagi kebaikanku dan kematianku sebagai daerah istirahat dari segala kejelekanku” (HR Muslim)...Selamat menjalani hari yang penuh dengan kebaikan...awali hari ini dengan doa...

”Muslimah sejati itu selalu tampak santai dalam kesibukan..tersenyum dalam kesedihan...tenang di bawah tekanan....tabah dalam kesulitan dan optimis di depan tantangan...SEMANGAT!!!”

Muslimah idaman : Kau bagai mentari pagi bersinar terangi kehidupan,tutur kata lembut dan berarti memberi makna untuk semua insan. Ketenangan ada di wajahmu nrimo iringi langkahmu. Sabar penuhi harimu. Bening warnai dirimu. Kaulah mujahidah penyejuk hati, penentram jiwa, penggugah iman,penerpa rasa yang menghujamkan cinta berharap hanya pada Allah, raihlah lantaran banyak insan merindumu....

Aslm. Lahan tarbiyah begitu luas di hadapan kita sampai-sampai kita tidak sadar bahwa lingkungan terdekatpun butuh pengabdian pengetahuan dari kita....(ujung2nya minta doa buat KKN n_n)

Asw. Dunia itu tidak baik, kecuali dengan dzikir padaNya..akhirat itu tidak baik kecuali dengan ampunanNya...dan syurga itu tidak baik kecuali dengan melihatNya,,,(Dzun Nun)

Bagaimana usaha kita dalam mempertahankan kalimatullah di muka bumi ini. dengan umur yang Allah berikan, kekuatan, kesehatan dan karunia lainnya yang tak terhitung bila ingin menjumlahnya...ketuk hati...tanya iman...kalaulah belum bisa berbuatm berjuang atau berkorban sebagaiman Rasulullah, sobat dan para salafus sholeh..setidaknya kita sanggup menjaga dan memelihara warisan mereka secara ISTIQOMAH...

Perang Ahzab sangat melelahka. Shalat pun hampir tak sempat. Kencing pun nyaris tak sempat..Tapi Allah tak ingin Muslimim bersantai-santai..saat Rasul sedikit istirahat, Allah utus Jibril as, ”sepertinya engkau seudah meletakkan senjata wahai Rasul? Sungguh para malaikat pun belum meletakkan senjata mereka...” (Ibnu Hasyim)

Pemikiran akan mungkin berhasil diwujudkan mana kala besar lengan berkuasa arus keyakinan kepadaNya, nrimo dalam berjuang di jalanNya, bersemangat dalam merealisasikannya, siap berzakat dan berkorban demi menjelmakannya.._Al Banna

Teguh yakni nafas rijalul haq (pejuang kebenaran) sepanjang zaman. Mereka tak hanyut di air, tak hangus di api, tak melayang di angin, tak goyah oleh tumpukan harta, kemilau tahta dan rayuan wanita. Kiprah mereka hanya 1: tetap teguh dalam bergerak dan terus bergerak dalam keteguhan (Ust Rahmat Abdullah).

Kuyakini Allah tengah mempersiapkan sesuatu untuk kita hambaNya..pertempuran dalam dakwah shiyasi ini masih panjan..ya Rabb jadikanlah segala ketetapanMu menyebabkan kami selalu semangat untuk berjihad dijalanMu..karena tawakal yakni senjata kami ketika ikhtiar sudah kami lakukan...Allahu Akbar!

Semua gagasan akan mungkin diwujudkan, selama besar lengan berkuasa rasa keyakinan kepadaNya, nrimo dalam memperjuangkanNya... semangat dalam mewujudkanNya,,siap bekerja dan berkorban untuk menegakkannya.

Ya Allah, berilah saya kekuatan menggenggam padu azzam, menjejak jalanMu. Sinarilah hidupku dengan cahya DienMu, tetapkanlah saya di landasan RahmatMu...Biarpun rintangan kan menanti, kan ku tempuh berbekal kepercayaan yang teguh...meskipun cobaam tiba silih berganti Insya Allah kan ku tempuh bertaman kepercayaan yang kukuh..semoga hidupku beroleh ridhaMu, matiku khusnul khotimah dan diakhirat nanti bertemuMu di Jannatul Firdaus...Amiin ya Robbal ’alamin.

(hmm.masuk kategori tausiyah ga ya)
Asw. Kepada TUNAS BARU PENDIDIKAN 2008 – 2009 : Tingkatkan kapasitas diri (akademik, ruhiyah, tsaqofah pendidikan), jalin komunikasi+eratkan ukhuwah 3x, kokohkan diri, bersatu, bergerak dan berkarya. Tunas ini harus memancang jadi pohon yang besar lengan berkuasa dan tinggi, KOKOH dari topan angin yang menerpa... SELAMAT BERJUANG (seluruh mantan pengurus Gema Pena 2006 – 2008)

Jikalau engkau lelah mengerjakan suatu kebajikan, maka ingatlah bahwa rasa lelah itu akan segera menghilang sedang kabjikan itu akan kekal dalam keabadian (Ali Bin Abi Thalib) untuk seorang ukhti yang kumendoa semoga ia dan saya selalu bisa berikhtiar menjadi seorang fatimah yang tegar dan teguh dengan quwwah rabbaniyah...

Asw. Bismillah: ”Sesungguhnya kita yakni seumpama angin yang dikirimkan Allah untuk menggerakkan awan-awan kebenaran Al-Qur’an, kemudian bersemilah kehidupan dalam hati dan fikiran setiap insan yang dikehendakiNya, demikianlah Dia meniupkan kehidupan hingga aroma harum bisa menjadi ruh bagi setiap ksatria-ksatria da’wahNya”...FASTAQIMU...YAA SYABAB...!! FII DAKWAH...FII JIHAD..!!

Ketika amanah semakin melelahkan jiwa raga resah, gelisah dan persoalan semakin membuncah. Janganlah engkau meminta dispensasi akan amanah2 itu...namun mohonlah dengan sangaaat...kepada Allah untuk menguatkan jiwa dan raga kita dalam sujud dan doa...

Sahabat Ali ra berkata : Semua kebaikan terangkum dalam 3 kata : pandangan, Diam, Bicara. Setiap pandangan yang tidak menghasilkan ibroh yakni kelalaian akal, setaip membisu yang tidak mengandung pikiran yakni kelengahan..setiap berbicara yang tidak mencerminkan dzikir yakni sia2..berbahagialah orang yang pandangannya menambah ibroh..diamnya berfikir..dan bicaranya cerminan dzikir..menangisi kesalahnnya dan membebaskan orang lain dari perbuatan jahatnya..

”Jika dakwah yakni jalan yang panjang..jangan pernah berhenti sebelum menemukan penghujungnya..!! Jika dakwah bebannya berat,,jangan minta yang ringan,,tetapi mintalah punggung yang kokoh untuk menopangnya...!!! Jika dakwah pendukungnya seidikit,,maka jadilah yang seikit itu..!!”

Dalam tiap usaha tak selalu lahir sebuah kemenangan....tapi akan selalu ada sebuah pendewasaan, penguatan dan pembelajaran...semua tetap berarti di masa depan Insya Allah...

Muslim itu insan yang kuat. Syukur dan sabar menjadi senjatanya..ditangan2nya lah Allah mengamanahkan peradaban Islam di dunia...kobarkan semangat mu wahai pejuang..!!!

Sahabatku..apa makna dakwah bagi anti? Bagaimana cara dakwah yang baik? Siapa musuh dakawah bagi anti? Siapakah sesungguhnya yang menjadi objek dakwah bagi anti? Apa yang sudah kita hasilkan dari kegiatan2 yang kita sebuh sebagai dakwah? Apa perilaku kita sehari-hari sudah masuk kategori pendakwah? Sesungguhnya apa yang kita cari dari berdakwah? Benarkah? Renungkanlah...perbaiki niat..

Orang bilang darah lebih kental daripada air, tapi ukhuwah kita bagi air deras yang sanggup menghancurkan segala rintangan untuk bergerak dari hulu ke hilir, untuk bergerak dari sebuah gerakan menuju peradaban...

Terkadang Allah SWT menginginkan kita untuk jatuh, sakit, kalah dan menangis semoga kita mengerti arti sabar dan syukur sebenarnya...atau hanya untuk sadarkan kita bahwa kebahagiaan, kemenangan dan keberhasilan butuh sebuah kolam keringat dan air mata...

Teruslah bergerak hingga kelelahan itu lelah mengikutimu, teruslah berlari hingga kebosanan itu bosan mengejarmu..teruslah berjalan hingga keletihan itu letih bersamamu...

Aslm..sahabat, kalau nyala api semangatmu meredup lantaran lelah...biarkan kelelahan itu yang kemudian lelah mengejarmu...tetaplah lindungi nyala apimu..karena setiap peluh yang mengucur dalam usaha ini tak kan pernah ter-sia2-kan

Jihad dan dakwah yakni sebuah refleksi penajaman kiprah mulia yang membuat ucapan kita menjadi yang terbaik, membuat nafas kita paling berharga. Perniagaan yang menuntungkan yang ditawarkan Ar-Rahman..jika kita dipertemukan oleh dakwah, tak layak kalau kita berpisah darinya...

Alangkah menyertai orang-orang yang bersemangat yakni anugerah..membersamai para hero yakni karunia..mengiringi langkah-langkah penuh tenaga para pejuang memang penuh rerintang memblukar!...namun dari sanalah sesungguhnya ku yakin harapan itu tiba!

Jalan dakwah itu berat...bahkan sangat berat..hingga sedikit pengikutnya...bagi seorang da’i sejati, menapaki jalan dakwah yang panjang yakni pembuktian janji Allah dan RasulNya. Ia takkan mundur ketika breada di medan amal pertempuran..ia akan terus bertahan walau harus terluka...ia akan menunaikan semua amanah dakwah.. minnallah-ma’allah-ilallah..

Biarlah Allah saja yang menyemangati kita, sehingga tanpa sadar setiap insiden menjadi teguran atas kemalasan kita. Cukuplah Allah saja yang memelihara ketekunan kita..karena perhatian manis terkadang menghanyutkan keikhlasan..semoga Allah menyebabkan kita pribadi yang bermakna ”saat berbaur bisa menyemangati yang lain,,,saat sendiri bisa menguatkan dirinya sendiri”

Jika perjalanan begitu panjang, sedang pertolongan Allah belum juga datang, maka ujian dan fitnah akan lebih keras dan sulit...cobaan akan lebih ganas dan berat. Tidak ada yang tergar kecuali mereka yang dilindungi Allah...merekalah orang-orang yang bisa menancapkan kepercayaan dalam jiwa. Yang bisa menjaga sebuah amanah besar : amanah langit untuk dijalankan di bumi. Amanah Allah di setiap hati insan (Sayyid Quthb)

Istiqomah itu yakni ketika hati berkata :”Sudah! Aku lelah!”, tapi tetap bertahan dengan semua sisa tenaga...tak berhenti bergerak baik dalam ringan maupun berat.

Mengapa dalam dakwah ada kesulitan? Agar tujuan punya nilai dan makna. Mengapa ada kesulitan? Agar kemudahan menantang untuk dicari, dikejar dan dinikmati..bismillah berharaplah padaNya..ketika Allah berkehendak tak seorangpun bisa menghalangi langkah kita..tetap terjaga dalam barisan dakwah..


"PENJARA" SUCI, BENTENG PEMATANGAN KEIMANAN

Hadirlah dengan senyum keikhlasan, lukislah kata-kata manis penggugah jiwa, yang bisa menyentuh hati yang haus akan nasehat, tak perlu mengukur panjangnya sebuah lintasan, sedikit namun penuh arti.
[Harapan]

Betapa Indahnnya sang fajar, membangunkan setiap hamba pemuja Tuhan, kian berlalu namun air yang membahasi kulit begitu terasa, mencerahkan segala alam rasa, menenangkan jiwa-jiwa yang lara, sungguh ini anugrah bagi hamba-hamba pecinta.
[Suara Diwaktu Shubuh]

Menebar cinta, penuh dengan pesona, menggugah jiwa dan merasuk kedalam sanubariku, meluluhkan setiap rasa didalam dada, hanya pada-Nya saya memasrahkan jiwaku.
[Pesona]

Sebelum fajar saya takjub, suasana yang begitu lazim sepi dan hening menyambut datangnya fajar shubuh, sebelum kumandang ayat-ayat Qur'an lantang terdengar dari Bait-Bait Allah, pada rentang waktu yang cukup untuk membaca, bukan cerpen bukan pula novel pembangun jiwa karya Habiburrahma Elshirazy yang saya kagumi, namun sebuah cerita usaha yang menggugah hati, jiwa dan raga, sebuah cerita yang membuat kita berkeinginan untuk berada pada medan jihad, Keinginan yang menggebu-gebu berkumpul bersama para jamaah-jamaah Islam yang gagah berani, Berjuang demi kembalinya agama ini kepada Allah, Sebuah cerita kasatmata "Biografi Dan Karomah Syuhada Jihad Bosnia", Berteriaklah Allahu Akbar.. Allahu Akbar ... Allahu Akbar.., Karena karomah kekaguman dari para syuhada akan kau rasakan kalau membacanya.
[Kisah Sebelum Shubuh]

Kumpulan SMS kiriman dari Ustad Abdul Halim, Ustad Rofiudin dan Ustad Sambo (Tim MSKN)

Sabtu, 2008 Agustus 30
Pelatihan Sholat Kusyuk Eropa Angk 1
Saudaraku,
Hari ini dimulai training Manajemen Sholat Menuju Khusyuk dan Nikmat angkatan 1 Eropa, di masjid AL Hikmah Den Haag (belum tentu ada disetiap kota), yang tidak sanggup didengar adzan dikumandangkan dan hanya buka Jumat, Sabtu, Ahad untuk mengaji harus mengorbankan harta, waktu yang sangat banyak. Doakan mereka semoga tetap istiqomah.
Wassalam.
Diposkan oleh irsalm di 00:26 0 komentar 

Doa Malaikat Jibril
Saudaraku,
Malaikat Jibril berdoa " Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad apabila sebelum masuk bulan Ramadhan tidak mohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya, kepada suami/istrinya kepda orang sekitarnya. Rasul mengamini 3x. Maafkan segala kesalahan kami, semoga kita sanggup menjalankan ibadah puasa dengan khusysuk. Amin.
Wassalam.

Eropa dan Indonesia 
Saudaraku,
Bagi Muslim hidup di Indonesia yang terbiasa dengan kesulitan dan segala kesusahannya masih lebih baik dari pada hidup dinegeri maju dengan segala kesenangannya. Tidak dengar azan masjid, tidak sanggup ke masjid2, tidak ada pilihan mencar ilmu apalagi variasi materinya. Hanya sanggup menunggu dai2 luar khususnya dari Indonesia.
Wassalam.

Situasi di Belanda 
Saudaraku,
Di Belanda ini jaminan sert aturan telah mapan, jadi mengajak ibadah amat berat. Walaupun upah minimum/bulan diatas 1500 gulden = Rp 25 juta, tapi peruntukannya sudah baku, pos untuk infak/sadaqoh/dakwah agama tidak ada. Karena itu dakwah di Eropa ini butuh tenaga juga biaya ekstra. Allahu Akbar.
Wassalam.

Mendarat di Amsterdam
Saudaraku,
Alhamdulillah kami gres saja mendarat di Amsterdam, disini jam 7.50 pagi, semoga menjadi awal dakwah yang mulia dan penuh berkah. Amin.

Pelatihan Sholat Kusyuk di Eropa
Saudaraku,
Insya Allah siang ini saya bersama Ust Sambo akan berangkat ke Belanda dan beberapa kota di Eropa untuk training Manajemen Sholat Khusyuk dan Nikmat. Mohon doanya semoga perjalanan dakwah ini sanggup berjalan lancar, berkah dan mendapat rahmat Allah. Mohon maaf lahir dan bathin, selamat mempersiapkan ibadah puasa.
Wassalam

Setan Adalah Musuh Utama
Saudaraku,
Sungguh setan yakni musuh utama bagi manusia, yang telah mengeluarkan adam dan Hawa dari nirwana dan ia juga akan menghalangi anak keturunannya dari jalan menuju surga.
Wassalam.

Berhati2 Terhadap Bisikan Syetan & Hawa Nafsu 
Saudaraku,
Berhati2lah terhadap syetan dan dorongan hawa nafsu yang akan membuatmu lalai dari tugasmu sebagai hamba Allah, sehingga terjerumuslah kau menjadi hamba hawa nafsu.
Wassalam.

Jika Tidak Bermanfaat
Saudaraku,
Jika kau tak sanggup memperlihatkan manfaat pada orang lain maka setidaknya janganlah menyakiti, kalau kau tidak sanggup membuat perbaikan maka setidaknya janganlah membuat kerusakan.
Wassalam

Tugas Kita Sebagai Khalifah
Saudaraku,
Sebagai khalifah, kita yakni wakil Allah di bumi ini, karenanya kita harus mengelola bumi ini dengan sebaik2nya dan memperlihatkan manfaat sebanyak2nya kepada umat manusia.
Wassalam.

Ridho dan Lapang Dada 
Saudaraku,
Orang yang ridho itu akan mendapatkan dengan lapang dada, tidak bersedih dan kecewa apapun takdir Allah kepadanya walau hal itu tidak mengenakkan baginya. Karena ia yakin bahwa setiap takdirNyawalaupun tidak mengenakkan pasti banyak nasihat dan kebaikan dibaliknya. Karena Allah Maha Baik dan Maha Penyayang, tak pernah zalim kepada hamba2Nya.
Wassalam.

Jika Ikhlas Kaprikornus Semangat
Saudaraku,
Orang yang nrimo itu akan semangat dalam menjalankan hukum2 Allah lantaran ia yakin bahwa setiap perintah baik baginya dan setiap larangan pasti membawa keburukan.
Wassalam.

Jika Ikhlas Semua Terasa Ringan
Saudaraku,
Jika kita Ikhlas dalam mengerjakan perintah Allah dan meninggalkan larangan Nya, maka akan terasa ringan dan gampang bagi kita menjalaninya seberat apapun peraturan2 tersebut.
Wassalam.

Selalu Ikhlas dan Ridho
Saudaraku,
Sebagai hamba Allah kita harus nrimo menjalankan setiap peraturan dan hukum2Nya serta ridho dalam menjalani setiap keadaan dan insiden yang Allah takdirkan pada kita.
Wassalam.



Islam, Ikhlas dan Istiqomah
Saudaraku,
Kemarahan, dendam, benci, putus asa, masa bodoh, tidak terima terhadap ketentuan Allah yakni jawaban dari kekurangan ilmu dan pengetahuan ttg kehidupan itu sendiri. Allah telah menyempurnakan aliran Islam, mengajarkan cara hidup didunia ini. Oleh lantaran itu datangilah Islam dengan nrimo dan istiqomah semoga hidup menjadi tenang.
Wassalam.

Belajar dan Terus Belajar
Saudaraku,
Dari hari Sabtu ini dan Rabu ini saya ikut training ke-Islaman berbahasa Arab, semoga mendapat ilmu yang manfaat. Makin faham makin terasadan sadar bahwa ilmu kita hanya setetes air disamudera ilmu ke-Islaman. Sementara kita sangat membutuhkan ilmu itu. Tidak ada pilihan kecuali mencar ilmu dan terus belajar.
Wassalam

Awas Libur Panjang 
Saudaraku,
Libur panjang ini hanya libur sekolah, bukan libur hidup apalagi beragama, jangan habiskan energi unutk memnuhi semuaacara liburan sehingga bertahap tidak terasa semangat mencar ilmu hilang, semangat ngaji hilang, semangat tobat hilang, yang tersisa hanya keinginan2 dunia saja.
Wassalam.

Mempertahankan Al Quran
Saudaraku,
Karena alasannya membacakan ayat2Nya, menjelaskan kalimat dan maknanya, mengembangkan serta mempertahankan Alquran dengan harta, tahta, bahkan jiwa Rasulullah dan sahabat, hasilnya menguasai DUNIA. Sebaliknya lantaran dunia kaum muslimin kini lupa dengan Al Alquran dan Hadist (sunnah Rasulullah) pantas lemah dan tertindas.
Wassalam.

Pentingnya Keluarga dan Silaturahmi
Saudaraku,
Menunggu pertolongan dan pengabulan doa dari Allah itu memang terasa cukup berat, disinilah pentingnya keluarga serta silaturrahi. Kekompakan keluarga, semangat dan keyakinan untuk saling membantu, korelasi baik dengan saudara, tetangga, guru, murid, dll sanggup mengurangi rasa berat tersebut. Ya.. Allah kabulkanlah doa hambaMu ini.
Wassalam.

Ilmu itu Ada 2 Macam
Saudaraku,
Ilmu itu ada 2 macam:
1. Ilmu yang meresap kedalam hati dan bisa mewarnai perilaku dan tingkah laris itulah ilmu yang bermanfaat.
2. Ilmu yang hanya hingga pada pikiran dan mulutnya saja, tidak mewarnai apa2 kecuali pandai bicara serta banyak tahu, sedangkan hidupnya bertentangan dengan ilmunya. Itulah ilmu yang tidak bermanfaat.
Wassalam.

Allahu Ar Rahman Ar Rahiim
Saudaraku,
Keyakinan bahwa Allah akan membantu kesulitan dan mendengar permohonan kita harus selalu 100%, rasa gelisah, hati kurang tenang, jangan menjadi awal keraguan kepada Allah. Terus berusaha dan sabar menunggu yakni obatnya. Apapun yang Allah memutuskan untuk kita harus diyakini sebagai yang terbaik. Allahu Ar Rahman Ar Rahiim.
Wassalam.

3 Saat Extra Waspada
Saudaraku,
Ada 3 ketika yang harus extra waspada, disitulah syetan beraksi:
1. Saat murka yang memperturutkan emosi, lantaran itu tahan dan bacalah ta'awwudz (a'uzubillah s.d selesai).
2. Sedang galau dalam masalah2, lantaran itu kembalilah pada Agama ketika bingung.
3. Saat berdua2an laki2 dengan perempuan yang bukan muhrim/mahram, maka hindarilah.
Wassalam.

Tetap Optimis dan Semangat
Saudaraku,
Hidup didunia ini amat singkat, bersyukurlah pada Allah. Bandingkan antara NIKMAT yang banyak dan tak sanggup dihitung yang telah Allah berikan dengan MUSIBAH/KEGAGALAN yang sedikit dan sanggup dihitung. Semangat, tetap optimis dalam melaksanakan usaha dan berharap pada-Nya, lantaran Dialah Allah yang Maha Baik dan Maha Mendengar Doa.
Wassalam

4 Ciri Orang Yg Segera Mendapat Surga
Saudaraku,
Allah menjelaskan ciri orang yang bersegera mendapat nirwana adalah:
1. Selalu berinfak baik dalam keadaan lapang atau sempit.
2. Selalu bisa menahan amarah
3. Ringan memberi maaf atas kesalahan2 orang lain
4. Apabila berbuat dosa segera bertaubat kepada Allah dengan sungguh dan yakin pada rahmat dan ampunanNya ( QS:3:133-136).
Wassalam

Kebahagian Hidup Hakiki
Saudaraku,
Kebahagiaan dan kesusahan hidup yang hakiki itu terpusat pada hati dan prasangkamu, bukan sempit/lapang riskimu, fasilitas2 duniamu/apaupn yang dianggap menyenangkan keinginanmu. Orang yang sudah benar2 beriman dan bertakwa tidak akan ada kekhawatiran dan kesedihan hati bahkan berbahagia walau keadaannya sempit.
Wassalam.

Banyak Berdoa Dikala Lapang dan Sehat
Saudaraku,
Perbanyaklah ibadah, mengingat dan berdoa kepada Allah dengan sungguh2 disaat kau dalam keadaan lapang, mampu, sehat dan hidup senang, pasti Allah akan selalu mengingatmu dan mengabulkan doa2mu disaat kau dalam keadaan sempit, tak mampu, sakit dan hidup susah, lantaran kecendrungan insan lupa dan lalai ketika mereka senang.
Wassalam.

Kesehatan
Saudaraku,
Berdoalah dengan sungguh2 semoga Allah memberikanmu kesehatan disaat kau dalam keadaan sehat, supaya kau selalu menghargai kesehatanmu dan berusaha menjaga semoga tubuhmu tetap sehat, lantaran kebanyakan insan gres berdoa minta sehat justru disaat ia telah sakit, padahal ketika sehat ia lalai menjaga kesehatannya.
Wassalam.

Kembali Pada Tujuan Penciptaan Manusia
Saudaraku,
Jika dalam hidup hanya sibuk dengan urusan dunia, maka akan selalu buru2, stress, kurang waktu, tidur tidak nyenyak, yang dimiliki tidak sanggup dinikmati, mengejar angan2, persoalan tidak selesai2, hati gampang sakit, badanpun jadi sakit2an. Oleh lantaran itu, kembalilah pada tujuan Allah membuat insan yaitu selalu ibadah dan ridha padaNya.
Wassalam.

Jalan Ke Surga 
Saudaraku,
Kita akan sanggup masuk nirwana dengan rahmat dan ampunan Allah. Rahmat dan ampunan Allah sanggup digapai dengan kepercayaan dan amal soleh. Iman dan amal soleh sanggup diperoleh dengan taat pada Allah dan Rasul. Taat pada Allah dan Rasul sanggup diperoleh dengan istiqomah mencar ilmu Al Alquran dan Sunnah Rasulullah serta diamalkan tiap hari.
Wassalam.

Belajar Islam dari Orang Yg Lurus
Saudaraku,
Semakin hari bertambah terus orang2 yang mempunyai ilmu Islam tetapi melaksanakan penyesatan terhadap kaum muslimin. Hal ini tidak sanggup dilawan kecuali dengan sabar dan sungguh2 mencar ilmu agama Islam dari orang yang sudah dikenal lurus. Mulailah kini juga jangan menunda2 semoga tidak menuai penyesalan.
Wassalam

Sembahlah Allah dan Jangan Syirik
Saudaraku,
Rasulullah bersabda: Sembahlah Allah dan jangan berlaku syirik sedikitpun, dirikanlah sholat, tunaikan zakat, puasalah dibulan Ramadhan, hajilah ke baitullah. Sempurnakanlah dengan amalan sunnah: puasa sodakah, sholat malam. Kemudian peliharalah lisanmu alasannya semua kata2 akan diminta pertanggung jawaban sehingga sanggup memasukkanmu ke Jahannam.
Wassalam.

Cara Pandang Menurut Qur'an dan Hadist
Saudaraku,
Lihatlah orang yang lebih rendah/susah darimu dalam urusan dunia (harta, tahta dll), semoga tidak gampang mengeluh dan frustasi serta besar lengan berkuasa dalam bersyukur. Lihatlah orang yang lebih tinggi darimu dalam urusan agama, semoga tidak sombong dan merasa cukup serta menambah semangat mempelajari agama (AlQuran dan Hadist).
Wassalam

4 Pelajaran Kejadian Monas 
Saudaraku,
Sedikitnya ada 4 pelajaran pada insiden Monas lalu.
1. Sebagai Muslim dilarang eksklusif percaya pada informasi yang disampaikan orang fasik (termasuk media) QS 49:6
2. Sebagai klarifikasi bagi kita mana tokoh yang membela Islam mana yang tidak, lihat pada perang Uhud (QS 3:179)
3. Korban luka yakni tokoh2 pembela Ahmadiyah padahal itu kerusuhan masssa., berarti hanya Allah yang menuntun tangan2 itu unutk memberi peringatan (QS 8:17)
4. Islam itu DAMAI bagi yang tidak mengganggu walau kafir, tapi Islam yang Tegas bahkan mewajibkan angkat senjata dan kekuatan kepada siapapun yang menantang dan menodainya (makanya ada kewajiban jihad). AKKBB termasuk yang menantang.
Wassalam.

Membangun Kesadaran
Saudaraku,
Membangun kesadaran itu artinya kita harus terus menerus mengingat dalam setiap kesempatan Siapa Diri Kita sebenarnya. Apa Tugas Utama didunia ini dan Kemana kita sehabis mati. Hal ini akan mendorong kita untuk selalu mawas diri dan mengontrol setiap acara yang kita lakukan serta selalu mempersiapkan bekal untuk mati.
Wassalam.

Istigfar Yang Benar
Saudaraku,
Ucapkanlah ASTAGFIRULLAH dengan perlahan2 dan gaungkan dihati dengan penuh kesungguhan Ya Allah saya mohon ampun kepadaMu atas dosa2ku. Begitulah seharusnya istigfar yang benar.
Wassalam.

Puasa tgl 9-10 Muharram 
Saudaraku,
Sunnah Rasulullah memuliakan bulan Muharram ini yakni berpuasa pada tanggal 9 dan 10, yaitu hari Selasa dan Rabu, 6-7 Januari 2009. Silahkan sahur malam ini ajak keluarga.
Wassalam

Tetap Semangat dan Yakin Kepada Allah 
Saudaraku,
Tiada persoalan yang sulit dan tiada , kalau kita tetap semangat dan yakin pada Allah, pasti Allah selalu memperlihatkan kemudahan dan jalan keluar dari semua persoalan hidup kita.
Wassalam.

Perbanyaklah Baca Astagfirullahal Azhiim
Saudaraku,
Perbanyaklah mengucapkan Asatgfirullahal Azhiim diwaktu luangmu dengan penghayatan maknanya bahwa kau sedang memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahanmu, maka Allah akan mengampunimu. Memberimu jalan keluar dari masalah2mu, menghilangkan kesedihanmu, dan memberimu rizki dari jalan yang tidak disangka2.
Wassalam.

Tiada Manusia Tanpa Kesalahan 
Saudaraku,
Tak ada insan yang tepat didunia ini. Jangan berharap orang lain tepat yang tak pernah berbuat salah kepadamu, lantaran dirimupun tidak tepat yang juga sering berbuat kesalahan. Maafkan dan lupakanlah kesalahan dan keburukan orang lain, sebagaimana kau ingin semoga kesalahan dan keburukanmu dimaafkan dan dilupakan orang lain.

Bukalah pintu maaf
Saudaraku,
Kebencianmu kepada orang lain tak akan membawa ancaman dan keburukan kepada mereka yang kau benci, malah hal itu justru menjadi api dalam hatimu yang akan memperabukan dirimu sendiri.
Maafkanlah dan tetaplah berbuat baik kepada mereka yang pernah menyakitimu, lantaran kemaafan dan kebaikan itu akan menjadi air yang sejuk didadamu.
Wassalam.

Liburan Tahun Baru Bersama Manajemen Doa
Saudaraku,
Anda ingin liburan malam tahun gres dengan program yang lebih bermakna. Merayakan nikmatnya berdoa dan Sholat yang khusyuk?
Ikutilah Pelatihan Manajemen Doa, Sholat Malam Berjamaah dan Muhasabah Akhir Tahun bersama Ust Sambo, di Masjid Kebon Raya Bogor, jam 17.00 sore 31 Desember 2007 s/d jam 08.00 pagi 1 Januari 2008. Infaq Rp. 200 ribu. Ajak Keluarga dan kawan2.
Wassalam.

Orang Paling Menderita
Saudaraku,
Jika kau sering menghitung apa yang tidak kau miliki dan selalu mengeluh atas keburukan2 yang menimpamu dan tak mau bersyukur atas banyaknya kebaikan yang telah Allah berikan kepadamu, pasti hatimu akan selalu gelisah, hidupmu takkan pernah senang dan kau merasa orang paling mnederita didunia ini.
Wassalam.

Toleransi Beragama
Saudaraku,
Toleransi beragama yakni menengok dikala sakit, membantu ketika hidupnya kesusahan, menyapa ketika ketemu, dan semua hal sosial yang tidak ada kaitan kegamaan. Sedangkan ucapan salam / selamat yakni urusan agama, apalagi Natal yakni insiden peresmian yesus menjadi tuhan. Kalau mengucapkan selamat berarti mengakui tuhan selain Allah.
Wassalam.

Bersyukur Atas Apa Yang Ada 
Saudaraku,
Kenapa kita sering menghitung dan mengingat apa yang kita tidak punya dan jarang menghitung dan mengingat apa yang kita miliki. Praktis bersedih kalau kehilangan sesuatu dan tak pernah senang dengan kebaikan yang sanggup kita raih. Kita selalu mengeluh atas peristiwa alam yang menimpa dan jarang bersyukur atas banyaknya nikmat yang masih ada.
Wassalam.

Kenapa Masih Berharap Kepada Manusia? 
Saudaraku,
Kenapa masih saja berharap dan bergantung kepada manusia?. Tidakkah cukup bagimu Allah saja sebagai penolongmu ketika kesulitan, sebagai pelindungmu ketika dalam ketakutan, sebagai penghibur ketika dalam kesedihan, sebagai penjamin rezeki ketika dalam kekurangan dan sebagai pemberi cahaya dalam kegelapan. Itulah sumber ketenangan hati.
Wassalam.

Tanda Cinta Kepada Allah
Saudaraku,
Betapa banyak orang yang menyampaikan cinta kepada Allah, namun sangat sedikit yang berani berkorban yang terbaik untukNya dan agamaNya. Untuk mendapatkan kesenangan dunia, kita berani berkorban apa saja milik kita yang terbaik. Namun untuk meraih kebahagian akhirat, nirwana dan rido Allah kita hanya berkorban seadanya.
Wassalam.

Pelatihan Manajemen Doa
Saudaraku,
Hadirilah training Manajemen Doa di Islamic Center Bogor (PPIB), Sabtu 22 Desember 2007, jam 08.00 Wib hingga selesai. Infaq Rp. 200 ribu. Info 081311111136 (Manjemen Sholat).
Wassalam.

Momen Iedul Qurban
Saudaraku,
Adalah suatu kebahagian yang sangat tinggi bagi seorang hamba apabila kita sanggup beribadah dan mengabdi kepada Allah dengan penuh ikhlas. Serta sanggup memperlihatkan kebahagian kepada orangtua dan keluarga kita, kerabat, tetangga, kawan2 dan insan lain, hanya untuk mencari ridoNya. Mari jadikan momen Iedul Qurban untuk meraih semua itu.
Wassalam.

Esensi Ibadah Qurban - 2
Saudaraku,
Menyembelih sifat2 binatang yang ada dalam diri sangatlah berat. Tidak semua orang yang berkurban bisa melakukannya kecuali mereka yang sadar bahwa semua yang mereka miliki, harta, jabatan keluarga, popularitas, dll, hanyalah titipan Allah yang tak layak untuk disombongkan dan bisa diambilNya kapan saja Dia kehendaki.
Wassalam.

Esensi Ibadah Qurban
Saudaraku,
Ibadah qurban bukan sekadar menyembelih dan membagikan daging qurban, tapi bagaimana dengan berkurban kau sanggup menyembelih sifat2 binatang yang ada dalam dirimu ibarat egois, tak punya malu, tamak kepada dunia, sehingga kau menjadi hamba yang selalu menolong orang yang butuh bantuan, aib kalau berbuat dosa dan selalu cinta akhirat.
Wassalam.

Bersyukur Kepada Allah
Saudaraku,
Allah telah memperlihatkan kepadamu nikmat yang sangat banyak yang tak bisa kau menghitungnya dan tak sanggup kau membayarnya. Karena itu bersyukurlah atas semua nikmat itu dengan mendirikan sholat dengan penuh khusyuk dan kerjakanlah ibadah2 lain dengan sebaik2nya. Jika kau mampu, ada rizki dan tidak punya hutang, maka berkurbanlah minimal 1 domba.
Wassalam.

Jangan Pernah Putus Asa
Saudaraku,
Jangan pernah berputus asa dalam berharap dan bergantung kepada Allah, teruslah memohon kepadaNya, pasti Allah tidak akan mengecewakan hambaNya. Kelak pada ketika yang tepat pasti Dia akan memperlihatkan apa yang kau minta. Jika ada keraguan dihati maka lawanlah sekuat jiwamu, lantaran itu yakni godaan setan yang ingin menyesatkanmu.
Wassalam.

Kriteria Orang Mukmin
Saudaraku,
Menurut Al Alquran orang mukmin itu lemah lembut, memaafkan, kasing sayang, banyak maklum, pengertian terhadap sesama mukmin, tegas, keras dan tidak kompromi terhadap orang kafir. Apabila sikapnya sesama mukmin ibarat kepada orang kafir, maka bisa jadi di akherat pahalanya habis untuk menebusnya. Astagfirullah.
Wassalam.

Adab Minta Tolong
Saudara,
Kalaupun kau terpaksa meminta tolong kepada manusia, maka janganlah meminta dengan memaksa. Jika diberi maka bersyukurlah keapda Allah dan berterima kasih kepada orang yang memberi. Tapi kalau tak diberi maka tak perlu murka ataupun kecewa. Karena hanya kepada Allah saja kau boleh bergantung dan berharap.
Wassalam.

Doa Yang Makbul
Saudaraku,
Inginkah engkau semoga Allah selalu mengabulkan doa dan harapan2mu?. Maka berdoalah dengan penuh keyakinan kepada Allah dan hanya kepadaNya kau berharap dan bergantung. Bersihkanlah hatimu dari berharap dan bergantung kepada selainNya (manusia, arwah, dukun, jin, benda2 keramat, dan makhluq lainnya), pasti doa2mu akan dikabulkanNya.
Wassalam.

Jangan Bersedih 
Saudaraku,
Jangalanlah bersedih atau merasa rendah diri walau tak punya banyak harta, jabatan, gelar dan popularitas yang sanggup dibanggakan. Selama kau masih punya kepercayaan yang higienis dari syirik, masih bisa beribadah dengan baik dan masih punya keluarga yang mencintaimu, maka kau telah mempunyai kunci kebahagiaan dunia dan akhirat.
Wassalam.

Selalu Mendapat Kebaikan
Saudaraku,
Inginkah engkau selalu mendapat kebaikan2 dalam hidupmu? Maka tanamlah kebaikan2 kepada orang lain lantaran Allah, kau pasti akan memanen buah dari benih yang kau tanam. Jika ingin dicintai, dihormati dan selalu ditolong oleh Allah dan insan lain, maka tebarkanlah olehmu benih cinta, hormat dan pertolongan kepada orang lain.
Wassalam.

Zat Allah
Saudaraku,
Zat Allah tak pernah bisa kita bayangkan, lantaran Dia tidak sama dengan apapun yang bisa dibayangkan oleh manusia. Tapi kita bisa mencicipi kehadiranNya dalan hati. Dengan menyebut dan mengingat (Nama) Allah dengan penuh nrimo dan sungguh2 dalam zikir dan sholat maka Allah akan membukakan hati kita untuk sanggup mencicipi kehadiranNya.
Wassalam.

Berprasangka Baik Kepada Allah 
Saudaraku,
Jadilah orang yang selau berprasangka baik kepada Allah, dan berusahalah selalu unutk melihat dan mencari sisi baik dari setiap insiden yang menimpa dirimu, seburuk atau sepahit apupun kejadaian itu. Yakinlah pasti Allah akan selalu mencakup hatimu dengan ketenangan dan kedamaian serta akan mencakup hidupmu dengan kebaikan2.
Wassalam.

Janganlah Berprasangka Buruk
Saudaraku,
Janganlah menjadi orang yang berprasangka buruk kepada Allah, yaitu orang yang selalu melihat sisi buruk dari setiap insiden yang menimpa dirinya. Orang ibarat ini akan selalu dihantui oleh ketakutan2 dan diliputi oleh keburukan2, lantaran sebaik apapun pemberian Allah kepadanya tetap saja ia merasa hal itu buruk baginya.
Wassalam.

Predikat Haji Mabrur
Saudaraku,
Predikat haji mabrur diberikan kepada orang yang selalu memakai harta, waktu, jiwa dan segala miliknya untuk ibadah kepada Allah hingga ajalnya, baik sudah berhaji atau belum.
Wassalam.

Bersyukurlah
Saudaraku,
Janganlah menjadi orang tidak bersyukur kepada Allah, yaitu orang yang kalau mendapat nikmat atau sukses dalam pekerjaan maka ia merasa semua itu lantaran usahanya sendiri bukan tiba dari Allah. Tapi kalau ia terkena peristiwa alam atau gagal dalam usaha, maka ia merasa semua itu tiba dari Allah bukan lantaran kesalahannya.
Wassalam.

Jiwa Yang Kuat & Penuh Semangat
Saudaraku,
Kekuatan dan kelemahanmu bukan terletak pada fisik tapi terletak pada jiwa. Walau tubuh lemah dan sakit, tapi jiwa besar lengan berkuasa dan penuh semangat, maka fisikpun ikut besar lengan berkuasa dan sehat. Sebaliknya walau tubuh besar lengan berkuasa & sehat, tapi jiwa lemah dan sakit, maka fisikpun juga ikut lemah dan sakit. Jiwa yang besar lengan berkuasa yakni jiwa orang beriman.
Wassalam.

Sisihkan Harta 
Saudaraku,
Sisihkanlah hartamu untuk berzakat, dan bersedekah unutk kepentingan agama dan membantu orang2 yang memerlukan bantuan. Yakinlah bahwa zakat dan sedekah itu takkan mengurangi hartamu, bahkan Allah akan menambah jumlahnya, juga berkahnya. Artinya dengan harta itu kau semakin erat dengan Allah dan semakin dicintai oleh manusia.
Wassalam.

kumpulan sms tausyah dari akh Rahmat Alam
ITQAN (profesional), itulah huruf seorang MUSLIM yang mengaku dirinya pasukan ALLAH.
Keep Istiqomah, Tawazun, Qanaah, Amanah, n Be your self
GANBATTE BIN HAMASAH


"Ya Allah berkahilah saudaraku ini, limpahkan rizqiMu, bahagiakan dia, kuatkan imannya, nikmatkanlah ibadahnya. perkayalah dirinya dengan ilmu, hiasi hatinya dengan sabar dan kasih sayang. mudahkanlah segala urusannya. sinarkan wajahnya dengan taqwa" Amin...
Be proud being muslim soldiers....
Keep HAMASAH!!!

"Barang siapa yang selalu beristighfar, maka Allah akan memberinya jalan keluar dari segala kesusahannya, memberinya kesenangan dari segala kesedihan, dan memberinya rizqi dari jalan yang tak terduga" (H.R. Abu Dawud)

Orang-orang yang beriman, hati mereka tentramdengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram dan tenang. Orang-orang yang beriman dan berzakat saleh, bagi mereka kebahagiaan dan daerah kembali yang baik

Ibnu Taimiyah:
"keberanian yang terpuji yakni yang didasari ilmu dan perhitungan, bukan tahawwur (serampangan). orang yang emosional bukanlah pemberani dan bukan sorang kuat"
Sayyid Quthb:
"bahkan mungkin jadi suatu kaidah bahwa agresif, emosional, tahawwur, dan semangat berlebih, biasanya bersumber dari kurangnya perhitungan, bukan bersumber dari keberanian dan sifat tahan uji"

"kedermawanan yakni indikasi keberhasilan seseorang memaknai hakikat 'memiliki' dalam hidupnya. orang-orang dermawanmemandang semua yang mereka miliki sebagai 'amanah' yang harus difungsikan secara maksimal dalam hidup"

biarlah orang-orang yang hidup untuk dirinya sendiri hidup tenang dan santai. Namun bagaimana kita, pemanggul amanah dakwah ini, akankah kita tidur-tiduran saja? Akankah kita santai-santai saja? Akankah kita terlena di daerah tidur dan tenang-tenang saja? Beban berat ada di hadapa kita. Bangunlah untuk menghadapi urusan besar yang telah menanti. Siap untuk lebih banyak berjaga di malam hari dan usaha yang berat lagi panjang...


Demikian lah selesai dari SMS Tausiyah Dakwah dan SMS Ramadhan Edisi I-IV, apabila anda belum membaca bisa mencari di kotak pencarian. Semoga kumpulan SMS Tausiyah Dakwah dan SMS Ramadhan yang kami bagikan kepada anda membawa banyak manfaat di bulan suci tahun ini.
Sumber http://wishwondersurprise.blogspot.com

Belum ada Komentar untuk "Teks Tausiyah Dakwah Dan Ramadhan untuk Whatsapp"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel