Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik

 Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Statistika Deskriptif  Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik
Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik.

Latar Belakang
Tidak sanggup disangkal bahwa dalam melaksanakan tugasnya seorang pendidik akan senantiasa terlibat dalam dilema penilaian atau evaluasi. Hasil penilaian itu biasanya dinyatakan dalam banyak sekali macam cara, namun cara yang paling umum dipakai yaitu dengan menyatakannya dalam bentuk angka (bilangan).

Karena penilaian hasil pendidikan yang paling umum itu memakai data kuantitatif, maka tidak diragukan lagi statistik mempunyai fungsi yang sangat penting. Cara penyajian data statistik pun bermacam- macam, baik melalui tabel, ataupun grafik, sehingga muncul istilah “Distribusi Frekuensi”. Karena banyaknya kalangan yang belum memahami dengan benar apa itu distribusi frekuensi, serta tabel dan grafik distribusi frekuensi, maka kehadiran makalah ini semoga sanggup membantu kita untuk memahami.

Identifikasi Masalah
  1. Apa itu Distribusi Frekuensi?
  2. Apa pengertin dari Distribusi Frekensi?
  3. Apa saja elemen dalam distribusi frekuensi?
  4. Tabel atau grafik apa saja yang terdapat di distribusi frekuensi?

Tujuan dan Manfaat
  1. Memberikan informasi ihwal distribusi frekuensi.
  2. Memberikan informasi ihwal pengertian distribusi frekuensi.
  3. Memberikan klarifikasi ihwal elemen-elemen yang terdapat di distribusi frekuensi.
  4. Memberikan klarifikasi ihwal tabel atau grafik yang terdapat di distribusi frekuensi. 

Batasan Masalah
Pada pembahasan dalam makalah ini, penulis yaitu membatasi dilema hanya pada pengukuran Distribusi Frekuensi hasil rekap Nilai Mata Pelajaran Matematika siswa di SDN Cikawung, yang terletak di Desa Tamanjaya Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat. 

Pengantar
Setiap kali kita melaksanakan acara pengumpulan data statistik, maka pada umumnya acara tesebut akan menghasilkan kumpulan data angka yang kadaannya tidak teratur, awut-awutan dan masih, meupakan materi keterangan yang sifatnya kasara dan mentah. Dikatakan “ kasar” dan “ mentah” lantaran kumpulan angka dengan kondisi menyerupai yang disebutkan di atas belum sanggup memperlihatkan informasi secara ringkas dan terang mengenai ciri atau sifat yang dimiliki oleh kumpulan angka tesebut. Oleh kerena itu, biar data angka yang telah berhasil dihimpun itu “dapat berbicara” dan sanggup memperlihatkan informasi yang berarti, dibutuhkan adanya tidak lanjut atau langkah tertentu.

Tidak terlepas hubungannya dengan pernyataan di atas, maka salah satu kiprah dari statistik sebagai ilmu pengetahuan yaitu menyajikan atau mendeskripsikan data angka yang telah berhasil dihimpun itu secara teratur, ringkas, gampang dimengerti, hingga dengan secara terang sanggup memperlihatkan citra yang sempurna mengenai ciri atau sifat yang terkandung di dalam data angka tersebut. Dengan diketahui ciri atau sifat yang terkandung dalam kumpulan data angka itu berarti kumpulan data angkat tadi telah “ sanggup berbicara “ dan jadinya kita berhasil memproleh informasi – informasi yang berguna, sejalan dengan maksud dan tujuan pengumpulan data.

Pengertian Distribusi Frekuensi
Distribusi Frekuensi yaitu penyusunan data dalam bentuk kelompok mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar menurut kelas- kelas interval dan kategori tertentu (Hasibuan,dkk.2009). Manfaat penyajian data dalam bentuk Distribusi Frekuensi yaitu untuk menyederhanakan penyajian data sehingga menjadi lebih gampang untuk dibaca dan dipahami sebagai materi informasi. Tabel Distribusi Frekuensi disusun bila jumlah data yang akan disajikan cukup banyak, sehingga apabila disajikan dengan memakai tabel biasa menjadi tidak efektif dan efisien serta kurang komunikatif.

Istilah-Istilah Distribusi Frekuensi
  1. Kelas (Class) yaitu penggolongan data yang dibatasi dengan nilai terendah dan nilai tertinggi yang masing-masing dinamakan batas kelas.
  2. Batas Kelas (Class Limit) yaitu nilai batas dari pada tiap kelas dalam sebuah distribusi, terbagi menjadi States class limit (Ujung kelas) dan Class Bounderies (Tepi kelas). a) Stated Class Limit yaitu batas-batas kelas yang tertulis dalam distribusi frekuensi, terdiri dari Lower Class Limit (Batas bawah kelas) dan Upper Class Limit (Batas atas kelas. b) Class Bounderies (Tepi kelas) yaitu batas kelas yang sebenarnya, terdiri dari Lower class boundary (batas bawah kelas yang sebenarnya) dan upper class boundary (batas atas kelas yang sebenarnya).
  3. Panjang Kelas/Lebar Kelas/Ukuran Kelas (Class Interval/Class Size) Bilangan- bilangan yang memperlihatkan panjang / lebar / ukuran dari tiap-tiap kelas yang merupakan lebar dari sebuah kelas dan dihitung dari perbedaan antara kedua tepi kelasnya.
  4. Frekuensi (Frequency); Angka yang memperlihatkan banyaknya data individual yang terdapat dalam satu kelas.
  5. ilai Tengah (Mid Point); Bilangan-bilangan yang sanggup mewakili kelas-kelas tertentu yang diperoleh dengan jalan atau cara merata-ratakan batas kelas yang bersangkutan, dalam arti yaitu rata-rata hitung dari kedua batas kelasnya atau tepi kelasnya. 

Kesimpulan
Distribusi frekuensi mengandung pengertian suatu keadaan yang membuktikan bagaimana frekuensi dari tanda-tanda atu variabel yang dilambangkan dengan angka itu, telah tersalur, terbagi atau terpencar atau sanggup disebut sebagai pengelompokkan data ke dalam beberapa kategori yang memperlihatkan banyaknya data dalam setiap kategori . Adapun alat penyajian data statistik sanggup berupa tabel, yang disebut sebagai tabel distribusi frekuensi. Data yang sudah dikelompokkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi sanggup disajikan dalam bentuk grafik supaya menjadi lebih menarik dan informatif. Grafik pun mempunyai banyak sekali macan jenis dalam penyajiannya.

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik pada link di bawah ini.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik.docx Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik.pdf

Demikian share file Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik semoga sanggup membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel