Contoh Makalah tentang Bioteknologi

Contoh Makalah Bioteknologi. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Bioteknologi.

Latar Belakang
Membahas wacana IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) memang merupakan sesuatu yang mengasyikan sekaligus kadang kala juga tidak mengenakan. Itu lantaran bahasan IPA yang sangat luas menyangkut segala sesuatu yang ada di jagat raya ini baik yang sudah diketahui maupun yang gres dalam tahap prediksi- prediksi para ahli. Ketika membahas suatu yang gres ditemukan atau yang masih dalam taraf ”pengetahuan” saja, IPA bisa jadi tema perbincangan yang apik dan seru. Tetapi kalau sudah berbicara wacana sesuatu yang lebih mendetail dari pengetahuan tersebut, kadang kala berbincang-bincang wacana IPA menjadi hal yang membosankan terutama jikalau membahas rumus-rumus yang rumit.

Contoh Makalah Bioteknologi

 Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Bioteknologi Contoh Makalah Bioteknologi
Contoh Makalah Bioteknologi

Hal yang sangat berbeda ketika kami mencoba membahas wacana bioteknologi. Banyak hal yang menarik yang aku dapatkan dalam duduk masalah ini. Salah satunya ialah banyak sekali temuan-temuan jenis pangan maupun non pangan yang dihasilkan dari proses-proses bioteknologi itu sendiri. Varian-varian yang dihasilkan tidak hanya mempunyai kualitas yang lebih baik, tetapi juga menciptakan kuantitas menjadi meningkat. Itulah sebabnya kami sebagai penulis mencoba membahas mengenai apa itu bioteknologi dan bagaimana proses kerjanya serta apa hasi yang dihasilkan dari bioteknologi itu.

Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas dirumuskan duduk masalah sebagai berikut :
  1. Apa yang dimaksud dengan bioteknologi?
  2. Bagaimana sejarah perkembangan bioteknologi?
  3. Bagaimana penerapan bioteknologi dalam kehidupan?
  4. Apa efek negatif yang ditimbulkan dari proses bioteknologi pangan ini?

Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dari makalah ini yaitu:
  1. Untuk mengetahui pengertian bioteknologi.
  2. Untuk menjelaskan bagaimana sejarah perkembangan bioteknologi.
  3. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari Bioteknologi.
  4. Untuk mengetahui efek negatif yang ditimbulkan dari proses bioteknologi pangan.

Pengertian Bioteknologi
Bioteknologi ialah suatu penerapan prinsip-prinsip biologi, biokimia, dan rekayasa dalam mengolah suatu materi dengan memanfaatkan organisme hidup dan komponen-komponennya untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia. Secara definitif sanggup dikatakan bahwa bioteknologi ialah perjuangan pemanfaatan proses-proses biologi dalam tingkatan seluler atau molekuler baik dari hewan, tumbuhan, maupun mikroorganisme untuk memproduksi banyak sekali barang atau memanfaatkannya untuk jasa tertentu. Jadi, dalam proses bioteknologi sel-sel hidup dipakai untuk mengubah materi mentah menjadi materi yang berkhasiat atau memanfaatkan jasanya untuk menangani duduk masalah pencemaran lingkungan.

Sejarah Perkembangan Bioteknologi
Bioteknologi sudah dimulai ribuan tahun yang lalu, sebelum tahun 1865 orang-orang telah memakai ragi untuk menciptakan roti dan anggur melalui proses fermentasi. Setelah tahun 1865 orang telah melaksanakan pengembangan industri fermentasi yaitu pembuatan etanol, butano, asam cuka, asam laktat, dan asam organik lainnya, serta pengolahan air limbah dengan memakai mikroorganisme. Pada tahun 1885, spesialis Botani berjulukan Roux berhasil melaksanakan kultur jaringan sel (cell tissue culture). Berdasarkan percobaan Roux ini, para mahir mulai memanipulasi sel tumbuhan secara invitro. 

Pada tahun 1940-1960 telah dikembangkan pembuatan antibiotik penisilin, vaksin virus, dan teknologi kultur sel hewan. Pada tahun 1953 penentuan struktur DNA oleh Watson dan Crick, protein sel tunggal, enzim untuk menguraikan deterjen, metanol sebagai biogas, dan teknologi DNA rekombinan. Era bioteknologi moderen (1975 hingga ketika ini), perkembangan rekayasa genetika yaitu pembuatan antibodi monoklonal, interferon, interleukin, pembuatan vaksin hepatitis B, hormon insulin, hormon pertumbuhan pada manusia, sapi, ikan tuna, kloning domba, terapan gen, tumbuhan dan binatang transgenik. Hormon insulin dipaparkan pada tahun 1978.

Sejak keberhasilan Borton dan kawannya memasukkan gen basil ke dalam tumbuhan tembakau, maka terbukalah kemungkinan perbaikan tumbuhan dengan DNA rekombinan. Hal ini didasari oleh kemampuan basil tanah Agrobacterium tumefaciens untuk memindahkan sebagian DNAnya ke pecahan tumbuhan secara alami, sehingga terbukalah perbaikan tumbuhan dengan DNA rekombinan ini.

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Bioteknologi pada link di bawah ini.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Bioteknologi


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Bioteknologi.docx 
Contoh Makalah Bioteknologi.pdf

Demikian share file Contoh Makalah Bioteknologi semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah tentang Bioteknologi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel