Contoh Makalah Ajakan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan

 Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Permintaan  Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan
Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan.

Pendahuluan
Ekonomi kesehatan ialah ilmu yang mempelajari suplay dan demand sumber daya pelayanan kesehatan dan dampak sumber daya pelayanan kesehatan terhadap populasi. Ekonomi kesehatan perlu dipelajari, alasannya ialah terdapat kekerabatan antara kesehatan dan ekonomi. Kesehatan menghipnotis kondisi ekonomi, dan sebaliknya ekonomi menghipnotis kesehatan. Dalam aliran rasional, semua orang ingin menjadi sehat. Kesehatan merupakan modal untuk bekerja dan hidup untuk berbagi keturunan, sehingga timbul impian yang bersumber dari kebutuhan hidup manusia. Tentunya demand untuk menjadi sehat tidaklah sama antar manusia. Seseorang yang kebutuhan hidupnya sangat tergantung pada kesehatannya tentu akan mempunyai demand yang lebih tinggi akan status kesehatannya. Sebagai contoh, seorang atlet profesional akan lebih memperhatikan status kesehatannya dibanding seseorang yang menganggur.

Pendekatan ekonomi menekankan bahwa kesehatan merupakan suatu modal untuk bekerja. Pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit merupakan salah satu input yang dipakai untuk proses produksi yang menghasilkan kesehatan. Berbasis pada konsep produksi maka pelayanan kesehatan merupakan salah satu input yang dipakai untuk menghasilkan kesehatan. Demand terhadap pelayanan rumah sakit tergantung terhadap demand akan kesehatan sendiri.

Pelayanan kesehatan berbeda dengan barang dan pelayanan ekonomi lainnya. Pelayanan kesehatan atau pelayanan medis sangat heterogen, terdiri atas banyak sekali barang dan pelayanan yang bertujuan memelihara, memperbaiki, memulihkan kesehatan fisik dan jiwa seorang. Demand (permintaan) ialah barang atau pelayanan yang bekerjsama dibeli oleh pasien. Permintaan tersebut dipengaruhi oleh pendapat medis dari dokter, dan juga faktor lain menyerupai pendapatan dan harga obat.

Oleh alasannya ialah itu disini saya akan memaparkan wacana demand pelayanan kesehatan, dengan mengetahui wacana hal-hal yang terkait dengan demand pelayanan kesehatan, kita sanggup memilih pelayanan kesehatan yang akan dilakukan. Karena pada ketika ini banyak pelayanan kesehatan yang tidak sesuai atau belum sesuai dengan permintaan/demand yang ada dimasyarakat. 

Definisi Serta Konsep Demand Dalam Pelayanan Kesehatan
Pelayanaan kesehatan sulit diukur secara kuantitatif. Biasanya pelayanan kesehatan diukur berdasarkan ketersediaaan (jumlah dokter atau kawasan tidur rumah sakit per 1.000 penduduk) atau penggunaan (jumlah konsultasi atau pembedahan per kapita).

Pengertian Demand
Awal pembahasan mengenai demand terhadap kesehatan sanggup dilakukan melalui pengertian wacana dan kebutuhan (needs). Pengertian ini dibutuhkan mengingat demand dalam pelayanan kesehatan merupakan suatu hal yang agak berbeda dibandingkan dengandemand untuk komoditi atau pelayanan lain.

Pengertian Permintaan (Demand)
  1. Suatu keinginan, kebutuhan yang direalisasikan dengan tindakan dan mendapat pelayanan kesehatan secara nyata.
  2. Barang atau pelayanan yang bekerjsama dibeli oleh pasien.
  3. Permintaan tersebut dipengaruhi oleh pendapat medis dari dokter, dan juga faktor lain menyerupai pendapatan dan harga obat. Demand berbeda dengan need dan want.
  4. Permintaan pelayanan kesehatan timbul melalui proses perubahan problem kesehatan menjadi problem kesehatan yang dirasakan, dilanjutkan dengan merasa dibutuhkannya pelayanan kesehatan dan karenanya dinyatakan dengan ajakan aktual. Dalam upayanya mengubah kebutuhan pelayanan yang dirasakan menjadi suatu bentuk ajakan yang efektif, konsumen harus mempunyai kesediaan (willingness) dan kemampuan (ability) untuk membeli atau membayar sejumlah jenis pelayanan kesehatan yang diperlukan.
Pengertian Pelayanan Kesehatan
Pelayanan kesehatan ialah upaya, pekerjaan atau aktivitas kesehatan yang ditujukan untuk mencapai derajat kesehatan perorangan/masyarakat yang optimal/setinggi-tingginya.

Pengertian Demand Pelayanan Kesehatan
Pelayanan kesehatan merupakan salah satu input yang dipakai untuk proses produksi yang akan menghasilkan kesehatan. Demandterhadap pelayanan rumah sakit tergantung terhadap demand akan kesehatan sendiri.

Demand dalam Pelayanan Kesehatan
Dalam lingkup kesehatan, ajakan sanggup diartikan sebagai barang atau pelayanan yang bekerjsama dibeli oleh pasien di mana ajakan tersebut dipengaruhi oleh pendapat medis dari dokter, dan faktor lain menyerupai harga obat dan pendapatan pasien.

Permintaan terhadap kesehatan sanggup dilakukan mengenai pengertian wacana keiginan, ajakan dan kebutuhan. Keinginan di sini ialah impian seseorang untuk menjadi lebih sehat dalam hidup didasarkan pada evaluasi diri seseorang terhadap status kesehatannya. Sedangkan pada ajakan merupakan impian untuk lebih sehat dalam sikap mencari tunjangan tenaga kedokteran dan kebutuhan disini ialah keadaan kesehatan oleh tenaga kedokteran dinyatakan harus mendapat penanganan medis. Sedangkan ajakan terhadap pelayanan kesehatan akan dilakukan mendalam dengan pendekatan sosial ekonomi.

Pendekatan yang sanggup dilakukan untuk membahas ajakan dalam pelayanan kesehatan yaitu pendekatan ajakan berdasarkan model Grossman. Grossman mengemukakan penelitian pentingnya mengenai pelayanan kesehatan di mana dalam penelitiannya itu diungkapkan bahwa demand terhadap layanan kesehatan merupakan derivasi dari demand terhadap kesehatan itu sendiri. Kesehatan berdasarkan Becker (1965) merupakan komoditi yang penting sehingga berdasarkan hal tersebut Grossman menyusun teori tingkah laris konsumen dalam human capital approach di mana arena pemilihannya diperluas sampai menyangkup pemilihan atas status kesehatan. 

Kesimpulan
Pelayanan kesehatan ialah upaya, pekerjaan atau aktivitas kesehatan yang ditujukan untuk mencapai derajat kesehatan perorangan/masyarakat yang optimal/setinggi-tingginya.

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu input yang dipakai untuk proses produksi yang akan menghasilkan kesehatan. Demandterhadap pelayanan rumah sakit tergantung terhadap demandakan kesehatan sendiri.

Cara Mengukur Demand Dalam Pelayanan Kesehatan
  1. Riset pasar
  2. Forcasting demand

Faktor Yang Mempengaruhi Demand Pelayanan Kesehatan:
  1. Insiden penyakit atau penyakit yang dirasakan
  2. Peran provider (dokter) dalam ajakan terhadap pelayanan kesehatan
  3. Karakteristik budaya-demografi
  4. Faktor ekonomi

Demand creation (penciptaan permintaan) yaitu ajakan yang diciptakan alasannya ialah terjadi suatu keadaan dimana dokter berperan sebagai penasehat pasien namun mempunyai kepentingan langsung yang bertentangan yaitu sebagai penyedia pelayanan kesehatan.

Cara mengurangi demand creation, antara lain:
  1. Meningkatkan Pengetahuan Pasien
  2. Pengurangan Jumlah Operasi yang Tidak Perlu
  3. Dorongan Financial
  4. Mengubah biaya Reimbursment menjadi Kapitation

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan pada link di bawah ini.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan.docx 
Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan.pdf

Demikian share file Contoh Makalah Permintaan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Ajakan (Demand) Dalam Pelayanan Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel