Apa Itu Resolusi Foto? Apakah Dapat Memperkecil Dan Memperbesar Ukuran Foto?

Apa itu Resolusi Foto? Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto? - Resolusi foto atau resolusi gambar, Resolusi adalah istilah yang dipakai untuk menyatakan jumlah titik atau pixel yang dipakai untuk menampilkan suatu gambar.

Resolusi yang semakin tinggi berarti semakin banyak pixel yang dipakai untuk menyusun suatu gambar, sehingga gambar sanggup menjadi lebih terang dan tajam.

Pixel ialah bab terkecil dari gambar yang ditampilkan oleh perangkat-perangkat menyerupai monitor, televisi, dan proyektor. Pixel mempunyai bentuk persegi.

Istilah pixel sendiri merupakan abreviasi dari "Picture Element". Barisan pixel-pixel yang sangat kecil menyusun gambar yang risikonya bisa kita lihat pada layar. - http://www.jendelasarjana.com

Sobat syf sendiri niscaya sudah tidak absurd lagi dengan kata Resolusi foto atau resolusi gambar, walaupun susah untuk menjelasakn tapi saya yakin kau itu paham, hehe.

Kali ini kita akan mencoba memahami dari Resolusi foto ini, dan artikel yang didapatkan sebagian besar dari http://lensa.fotokita.net, kau bisa mengunjunginya sesudah selesai membaca artikel ini.
 Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto Apa itu Resolusi Foto? Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto?

Apakah yang dimaksud dengan resolusi foto?

Jika kau menampilkan foto pada jadwal pengolah foto menyerupai Photoshop, kemudian melihatnya lebih dekat, akan terlihat ribuan kotak-kotak kecil, atau piksel, yang membentuk foto, menyerupai mosaik. Resolusi foto ialah jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah foto.
 Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto Apa itu Resolusi Foto? Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto?
kredit foto: ccideas

Apakah semua kamera mempunyai resolusi foto yang sama?

Tidak. Salah satu dari sekian banyak cara yang dilakukan pabrikan kamera untuk mendorong konsumen membeli kamera gres ialah dengan berbagi model kamera yang mempunyai resolusi lebih tinggi daripada model sebelumnya.

Kebanyakan kamera digital juga memberi penggunanya kesempatan untuk menentukan resolusi yang diinginkan untuk merekam foto, sampai resolusi maksimal yang dimiliki kamera.

Mungkinkah saya ingin merekam foto dengan resolusi di bawah resolusi maksimal kamera?

Ada kalanya menentukan ukuran file lebih kecil menjadi opsi yang logis, misalnya, kalau kau ingin mendapat lebih banyak foto di dalam kartu memori.

Atau mungkin, kau tahu bahwa foto yang direkam tersebut hanya akan dilihat di layar komputer, sehingga kau merasa tidak perlu memakai resolusi tertinggi kamera.
 Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto Apa itu Resolusi Foto? Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto?

Bagaimana cara untuk memastikan bahwa saya mendapat resolusi terbaik pada kamera saya?

Dengan menentukan pengaturan JPEG maksimal atau merekam dalam raw, yang bisa dilakukan melalui hidangan kamera. Pabrikan memakai istilah berbeda untuk menjelaskan ukuran file yang bisa kau pilih, jadi pastikan kau memahaminya.

Banyak kamera yang juga sanggup menangani file raw dengan resolusi berbeda-beda, jadi pastikan untuk memakai jumlah megapiksel terbesar jikalau kau menginginkan kualitas maksimal.

Bagaimana cara mengetahui resolusi kamera saya?

Biasanya, buku panduan kamera akan memberi info tersebut. Misalnya, resolusi tertinggi Nikon D810 ialah 7.360 x 4.912 piksel.

Kalau kau mengalikan angka-angka ini dan membagi jawabannya dengan satu juta, kau akan mendapat resolusi maksimal kamera dalam megapiksel, menyerupai 36 MP untuk D810 tersebut.
 Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto Apa itu Resolusi Foto? Apakah bisa memperkecil dan memperbesar ukuran foto?
Foto: hswstatic.com

Jadi, resolusi menentukan kualitas?

Ya. Semakin tinggi resolusi foto yang direkam, semakin besar kesempatan untuk merekam pemkamungan dengan detail jelas. Jadi, foto bisa dicetak dalam ukuran besar tanpa harus khawatir akan kualitasnya.

Misalnya, foto 20 MP mestinya bisa dicetak dalam ukuran A2 (594 x 420 mm) tanpa mengalami problem kualitas, tapi foto yang dicetak dalam 2 MP hanya akan sanggup dicetak dengan terang pada ukuran sekitar 6 x 4 in.

Kalau kau mencoba untuk mencetaknya dalam ukuran lebih besar, detail foto mungkin akan hilang.

Jadi, untuk kualitas maksimal, perlukah saya membeli kamera dengan resolusi terbesar?

Pada prinsipnya, ya, meski faktor-faktor lain juga menentukan kualitas foto. di antaranya kemampuan lensa untuk mengungkapkan foto, pilihan aperture, serta teknik dan pengolahan yang kau lakukan.

Tapi, kalau ingin mendapat hasil foto terbaik dari kamera, rekamlah pada resolusi tertingginya.

Ada berapa jenis resolusi secara umum?

Beberapa resolusi-resolusi yang biasa dikenal ketika ini, antara lain: 

  • 720×480 : DVD, D-VHS, miniDV, Digital8
  • 1280×720 : Blu-ray, HD DVD
  • 1440×1080 : HDV
  • 1920×1080 : HDV, HD DVD, Blu-ray, AVCHD, HDCAM SR
  • 1998×1080 : 2K Flat
  • 2048×1080 : 2K Digital Cinema
  • 4096×2060 : 4K Digital Cinema
  • 7680×4320 : UHDTV
  • 15360×8640 : 16K Digital Cinema

===

Baiklah tampaknya cukup untuk memahami dari resolusi foto ini, jikalau masih ada yang galau pribadi saja tanyakan. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Resolusi Foto? Apakah Dapat Memperkecil Dan Memperbesar Ukuran Foto?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel