10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips Fotografi

10 Tips Jitu Fotografi Minimalis - Bagi kau instagram user dan suka dengan karya-karya para fotografer niscaya pernah melihat foto yang sangat minimalis kan?

Nah model fotografi yang satu ini memang terlihat simpel, tapi menyerupai mempunyai rasa didalamnya. Dulu pernah saya ikut lomba fotografi, dan siapa sangka foto yang sangat-sangat simpel inilah yang menjadi pemenangnya.

Selain sanggup menarik perhatian foto minimalis ini mempunyai keindahan tersendiri, dan ternyata tidak gampang untuk membuat demikian. Tapi jikalau kau ingin sanggup niscaya ada jalan jikalau berusaha.

Dalam tips ini ada 10 tips jitu yang sanggup kau ikuti dan praktikan, untuk pengambilan gambar tampaknya memakai smartphone saja sudah cukup, tapi lebih baik memakai kamera digital kau biar lebih klop.
 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi

Langkah yang dibentuk dari salah satu artikel di tutsplus.com ini akan memperlihatkan tips bagi kau yang ingin mempelajari fotografi minimalis ini, dan kau juga harus mengunjungi profil sang penulisnya (Simon Bray) yang di translate oleh Zesar Matin Aryona.

Baik, yuk ah simak sama-sama.

10 Tips Jitu Fotografi Minimalis

Kita sering mendengar ungkapan 'less is more', dan ini tidak sanggup lebih sempurna daripada ketika menghargai minimalisme.

Bila dihukum dengan baik, fotografi minimalis sanggup menjadi cara yang sangat sederhana namun dramatis untuk menangkap gambar. Tapi bagaimana seharusnya kita menafsirkan, memahami dan sanksi minimalisme dalam pekerjaan kita sendiri?

Langkah 1. Pahami Minimalisme

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi

Pahami Minimalisme


Minimalisme ialah gaya yang dipakai oleh banyak seniman kurun ke 20, memakai komponen dalam jumlah minimum menyerupai warna, bentuk, garis dan tekstur.

Dalam dunia seni, konsep ini sangat subjektif, meninggalkan interpretasi dan makna hingga persepsi audiens terhadap pekerjaan.

Beberapa orang menghargai keterbukaan wangsit ini, merangkul kebebasan penafsiran, dimana orang lain membenci kurangnya kode atau pokok bahasan.

Bagi fotografer, ini kurang menjadi masalah, alasannya lebih sering daripada tidak, sebuah foto tetap merupakan momen faktual yang tertangkap dalam film.

Meskipun demikian, kita sanggup memakai beberapa teknik minimalisme untuk meningkatkan dampak pekerjaan kita.

Langkah 2. Tetap Sederhana

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Tetap sederhana
Saat memahami bagaimana mencapai minimalisme, aturannya ialah tetap sederhana. Tapi bukan berarti itu membosankan atau tidak menarik.

Cobalah untuk menentukan subjek yang mencolok yang akan menarik perhatian. Subjek harus menjadi elemen terkuat dari potret, meskipun mungkin tidak mengambil sebagian besar frame.

Sebelum kau mengambil gambar kamu, luangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang akan kau masukkan ke dalam potret kamu, tapi juga apa yang akan kau buang.

Ruang di sekitar subjek akan menonjolkan keunggulannya, jadi lihatlah untuk memperbesar atau mengurangi gangguan.

Langkah 3. Komposisi

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Komposisi
Mencapai elemen komposisi yang berpengaruh ke foto minimalis benar-benar penting dalam meningkatkan dampak potret.

Seperti yang saya sebutkan di Langkah 2, apa yang kau buang sama pentingnya dengan apa yang kau masukkan, jadi luangkan waktu untuk mempertimbangkan struktur subjek dan ruang kawasan penempatannya.

"Rule of thirds" (guidelines) berlaku di sini dan akan membantu ketika tetapkan bagaimana membingkai subjek kamu.

Komposisi yang berpengaruh juga sanggup menggabungkan struktur persegi dan garis, yang akan kita hadapi nanti, namun tetap memperhatikan bentuk dan garis berpengaruh yang mungkin sanggup memberi potret minimalis.

Pastikan untuk fokus pada subjek, dan jikalau mungkin, pilih bidang yang akan membuat subjek menonjol, ini akan menarik perhatian ke dalam potret dan meningkatkan dampaknya.

Langkah 4. Warna Pelengkap

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Warna pelengkap
Penggunaan warna dalam fotografi minimalis sangat terang dan ini ialah alat yang sangat berkhasiat ketika harus menangkap tangkapan mata namun potret sederhana.

Banyak foto minimalis apa saja yang kekurangan bahan dan mereka buat dalam warna di perkara ini, semakin terang semakin baik!

Cobalah untuk memakai cahaya yang ada untuk menampilkan warna dalam pemkamungan. Banyak potret bekerja menurut satu warna, termasuk subjek dan latar belakangnya, tapi ini sulit ditemukan, jadi awasi warna yang saling melengkapi, atau kombinasi warna kontras.

Langkah 5. Garis Kuat

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Garis
Dengan cara yang sama dengan penggunaan warna dalam fotografi minimalis, keefektifan garis dalam potret sanggup jadi penting dalam menambahkan gambar ketika materinya terbatas.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, garis horizontal atau vertikal yang berpengaruh memberi komposisi kuat, alasannya akan memperlihatkan struktur yang solid pada gambar.

Pepatah usang memakai garis untuk menarik perhatian ke dalam potret juga relevan di sini.

Pertimbangkan dimana arah jalurnya, contohnya dari tengah gambar yang mengarah ke tepi, atau dari sudut ke tengah, sehubungan dengan apa yang kau inginkan biar audiens ambil dari gambar itu.

Langkah 6. Mendapatkan Semua Sentuhan

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Sentuhan
Seperti kebanyakan seni minimalis, beberapa potret minimalis didasarkan murni pada tekstur dan warna, namun mereka menarik perhatian kau bahkan tanpa bahan yang berbeda.

Untuk ini, kau tidak hanya membutuhkan permukaan yang menarik, tapi juga sarana untuk menangkapnya dengan cara yang menarik.

Pertimbangkan apakah ada arah ke tekstur dan apakah garis itu sanggup dipakai secara efektif dalam arti komposisi.

Cobalah memakai cahaya untuk meningkatkan tekstur, untuk menonjolkan kontras dan mencari untuk menangkap gambar sehingga audiens hampir sanggup mencicipi apa yang mereka lihat.

Langkah 7. Jagalah Mata kau Terbuka

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Kepekaan mata
Setelah kau menghabiskan beberapa waktu mempelajari pola minimalis, kau akan mulai menghargai pola minimalisme yang mengelilingi kau setiap hari.

Saat kau keluar di sekitar, jaga mata kau terbuka untuk ruang dan blok warna, subyek menarik yang bangun sendiri dan garis bersih. Lihat ke atas, lihat ke bawah, teruslah mencari dan kau akan dihargai.

Tempat yang baik untuk memulai mungkin berada dalam bentuk geometris yang ditemukan di dalam arsitektur, yang seringkali mencakup keseluruhan dinding pola yang terjadi kembali yang sanggup dimanfaatkan sebagai foto minimalis.

Langkah 8. Proses

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Proses
Memproses potret minimalis harus cukup sederhana, dikarenakan telah menangkap potret kamu, kau harus mempunyai wangsit cantik wacana apa yang ingin kau hasilkan - sesuatu yang sederhana namun dramatis.

Sesuatu yang mungkin ingin kau pertimbangkan ialah bereksperimen dengan gambar yang lebih nyata, memakai sudut pkamung artistik untuk membuat gambaran yang mungkin tidak sanggup dikenali dari keadaan aslinya namun berfungsi sebagai bab dari seni.

Namun, kau mungkin juga ingin tetap setia pada kehidupan dan cukup mengolah gambar kau dengan fokus untuk menarik subjek dan meningkatkan garis dan warna dalam potret.

Langkah 9. Ceritakan Kisahnya

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Ceritakan
Banyak foto minimalis yang menarik, menampilkan garis-garis sederhana, warna yang menarik dan sanggup dianggap sebagai verbal artistik, tapi begitu kau berhasil menguasai gambar yang menarik; saatnya untuk menghadapi tantangan yang lebih besar.

Bisakah kau menceritakan sebuah kisah melalui foto potret dengan gaya minimalis? Mungkinkah untuk memberikan suatu bencana dengan memakai materi, warna dan bentuk yang dikurangi?

Untuk mencapai hal ini, kau mungkin perlu menggabungkan beberapa dari cahaya, orang atau gerakan, tapi lain kali jikalau kau keluar untuk melaksanakan pemotretan, sesudah kau mendapat semua gambar yang kau butuhkan, cobalah menjumlahkan bencana dalam satu potret dengan memakai subjek sesedikit mungkin, kau mungkin akan terkejut!

Langkah 10. Makara Kreatif

 Bagi kau instagram user dan suka dengan karya 10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips fotografi
Jadi kreatif
Makara mudah-mudahan kini kau mempunyai pemahaman dasar wacana fotografi minimalis dan mempunyai beberapa teknik dan tip untuk membantu kau dalam perjalanan dengan menangkap gambar minimalis kau sendiri.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, awasi kemungkinan potret yang ada dan ingatlah untuk tetap sederhana, semakin menarik semakin baik.

Jangan takut untuk menjadi kreatif. Minimalisme sanggup menjadi topik yang sangat subjektif, jadi apa yang kau hargai, mungkin orang lain tidak, tapi pergilah ke sana, lihat apa yang sanggup kau temukan dan jepret!

===

Dalam fotografi kita bebas berkerasi, tapi dengan kode yang terang hasil dari kreasi kita akan jauh lebih terang dan bermakna. Thanks!

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Jitu Fotografi Minimalis | Tips Fotografi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel