Cara Blogger DCB dalam membangun Personal Branding di Jaman Milenial

Cara Blogger DCB dalam membangun Personal Branding di Jaman Milenial - Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita mengenai Bagaimana membangun Personal Branding di jaman milenial ini. Berhubung topik  ini lagi hangat-hangatnya di salah satu Grup whatsapp saya yaitu di Diskusi Cerdas Blogger atau biasa disingkat DCB. 

Cara Blogger DCB dalam membangun Personal Branding di Jaman Milenial

Grup Diskusi Cerdas Blogger ini saya dirikan pada tahun 2015, awalnya hanya sekedar iseng saja untuk mengumpulkan informasi mengenai dunia Blogging. Dari sekian banyak keluar masuknya anggota banyak pengalaman baru yang saya dapatkan disana. di Grup tersebut saya bertugas sebagai admin dengan jumlah anggota kurang lebih 80. Namun seiringnya kesibukan saya akhirnya saya tugaskan beberapa rekan anggota yang saya anggap sudah berpengalaman untuk mengemban tugas menjadi seorang admin. apa sih pentingnya admin dalam sebuah grup? buat saya tentu sangat penting. dengan adanya admin , anggota akan mematuhi segala rules yang di atur oleh seorang admin. selain itu juga, membantu mengangkat martabat grup dimata banyak orang. admin harus bersikap adil , bijak dan bertanggung jawab. Mungkin bagi anda yang belum bergabung menjadi bagian keluarga DCB, anda bisa baca artikel saya ini Yuk bergabung di Komunitas Blogger Indonesia (DCB)

Cara Blogger DCB dalam membangun Personal Branding di Jaman Milenial


Kembali lagi ke topik kita yaitu Cara Blogger DCB dalam membangun Personal Branding di Jaman Milenial, mungkin anda masih banyak yang belum memahami apa itu Personal Branding.

Penjelasan Personal Branding 

Personal Branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum.  masih bingung oke, saya kemas lebih padat lagi. Personal branding itu bagaimana anda memasarkan diri anda sendiri, paham?

Bayangkan anda itu adalah suatu produk. Misalnya anda itu adalah iPhone. Kita tahu bahwa iPhone adalah smartphone yang keren, fungsinya banyak, dan harganya yang mahal. Nah sama seperti anda, misalnya anda itu keren, bisa ngapain aja, dan value anda diantara temen-temen anda lebih tinggi.

Nah, coba mulai sekarang anda bangun Personal Branding itu. Karena Personal Branding sangat penting untuk anda bangun. Tentunya harus yang positif dong, jangan sampe bangun Personal Branding yang negatif (mis. Ariel yang terjerat skandal seks).

Lalu apa Korelasinya dengan Grup Blogger DCB dan Personal Branding?

Baik, didalam grup Diskusi Cerdas Blogger terdiri dari berbagai karakter dan khas dari masing masing Blogger seperti Blogger yang membahas soal Teknologi, Pendidikan, Life style, Review, Anime, Bisnis, Games, Politik, Gadget dan masih banyak lagi. Mereka-mereka ini memiliki kemampuan dan potensinya dari yang saya sebutkan tadi.  Lalu apa yang menguatkan mereka untuk terus konsisten dengan bidangnya tersebut, tentunya adalah Pengetahuan dan Kreatifitas. 2 hal ini yang membuat kita akan mampu berkembang dengan jalur apa yang kita pilih.  

Bagaimana bisa kita membahas soal bisnis, jika kita ternyata bukan orang yang menggeluti bisnis? bagaimana bisa kita membahas soal anime, jika kita ternyata bukan orang yang menyukai film anime? begitu seterusnya. Nah, maka dari itulah kita sebagai Blogger harus punya Personal Branding yang sangat kuat, bagaimana orang bisa mempercayai apa yang kita geluti. 

Ada 4 Langkah untuk membangun Personal Branding yang baik yaitu :

Cara Blogger DCB dalam membangun Personal Branding di Jaman Milenial

1. Discover
Sangat penting untuk mengetahui dan mengenal siapa anda, apa passion anda sangat penting.

2. Create
Buatlah toolkit branding anda – toolkit disini maksudnya adalah media untuk membranding anda, seperti blog, website, kartu nama, video, portfolio dan lainnya. Bahkan anda bisa memulai personal branding lewat Social Media seperti Facebook, Twitter, Path, dll.

Kalau anda punya Blog, coba anda share tulisan anda ke orang-orang yang berpontensi membutuhkan skill anda.

3. Communicate
Komunikasikan anda pada dunia. Semakin banyak yang mengenal anda maka personal brand yang anda bangun akan semakin kuat. anda juga harus sering untuk ngobrol dengan orang-orang baru, orang penting, atau siapapun untuk memperluas Network anda.

4. Maintain
Sesuatu yang anda  bangun akan cepat punah jika tidak dijaga.


Demikian artikel mengenai Cara Blogger DCB dalam membangun Personal Branding di Jaman Milenial yang saya ketahui, jika ada yang kurang mengenai apa yang sudah saya jelaskan diatas mohon maaf. Anda mungkin bisa tambahkan di kolom komentar dibawah terima kasih.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel