Pentingkah Backlink Untuk Website atau Blog?

Pentingkah Backlink Untuk Website atau Blog? - Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas seputar "Seberapa pentingkah Backlink untuk sebuah website atau blog?". karena sebagian dari kita menganggap Backlink sebagai spamming link yang buruk, padahal tidak semua jenis Backlink itu buruk dimata mesin pencari. 


Pentingkah Backlink Untuk Website atau Blog?

Pengaruh backlink pada saat itu sangat diperhitungkan untuk mencapai posisi terbaik dalam search engine. Tetapi SEO sekarang tidak lagi berpedoman kepada backlink, lantas apakah backlink sudah tidak lagi berpengaruh? Baiklah, mari kita coba ulas pengaruh backlink untuk SEO yang banyak menjadi perdebatan para webmaster, sehingga kita terkadang salah mengartikan tentang keberadaan backlink itu sendiri. Ini ibarat buah “simalakama”, yaitu suatu situasi kondisi yang serba salah, di terapkan salah tidak diterapkanpun salah.

Ini menarik sekali, karena pada waktu yang hampir bersamaan pihak google mengumumkan untuk tidak mengupdate Pagerank (PR). Lantas apa huhungannya dengan pengaruh backlink? Karena backlink banyak di perjual belikan dan backlink yang mahal berasal dari situs yang mempunyai pagerank tinggi. Banyak situs yang terlalu mengandalkan backlink dan sama sekali tidak memperdulikan konten.

Maka google menyetop update pagerank, agar hal ini tidak dijadikan sebagai pedoman dan lalu lintas jual beli backlink bisa dicegah. Solusi google ternyata membuahkan hasil, akhirnya google mengganti algortima dan backlink bukan lagi sebagai prioritas.

Apakah Backlink tidak dapat digunakan kembali?

Lantas backlink apa di anggap sudah mati? Pengaruh backlink untuk SEO sudah tidak di perhitungkan lagi? Coba kita simak salah satu uraian JohnMu dari Webmaster Central Help Forum.
Yes, Back links do play an important role in SEO. But now a days, the things are bit different. It helps to generate referral traffic and also helps in increasing the Domain Authority(DA) of the website. Try to get links from the websites which have high DA and PA.
Yang artinya kurang lebih adalah begini “ Ya..backlink masih memainkan peran penting dalam SEO, tetapi sekarang sedikit berbeda. Ini (backlink) membantu untuk mendapatkan lalu lintas rujukan dan juga membantu dalam meningkatkan Domain Authority ( DA ) dari website . Cobalah untuk mendapatkan link dari situs yang memiliki DA tinggi dan PA “.

Ternyata pengaruh backlink masih ada untuk SEO, tetapi dengan pengertian yang berbeda. Backlink bukan lagi sebagai penentu suatu website untuk menduduki halaman di mesin pencari, melainkan hanya rujukan untuk mendapatkan sumber trafik dan membantu meningkatkan Domain authority dan page authority sebagai pengganti Pagerank yang sudah tidak di update lagi olegh pihak google.

Dengan kata lain backlink yang bagus dan berkualitas adalah backlink yang berasal dari situs yang mempunyai DA dan PA yang tinggi, itu yang nantinya akan berpengaruh kepada DA dan PA pada blog kita dan membantu untuk meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) pada artikel dalam hasil pencarian di search engine terutama google. Jadi kita di tekankan untuk mencari backlink dari situs yang berkualitas.

Meningkatkan DA dan PA untuk blog
Selain pengaruh backlink yang berkualitas untuk SEO, nilai DA dan PA bisa kita tingkatkan melalui kualitas konten pada blog kita masing masing, menulis artikel yang original yang relevan. Dengan menyajikan artikel yang berkualitas akan lebih meningkatkan pengalaman bagi pengguna dan sesuai dengan standar mutu webmaster. Maka google akan memperhitungkan hal itu. Karena saat ini konten adalah raja, dan backlink bukan lagi sebagai prioritas yang utama.

Mencari backlink sewajarnya
Dalam mencari backlink sesuaikan dengan usia blog, jangan mencari backlink jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat, karena google akan menganggap hal ini sebagai SPAM. Jadi harap “berhati hati ” demi kelangsungan blog, sebaiknya cari backlink yang berkualitas dalam rentang waktu yang sesuai dengan usia blog.

Nah, itulah pengertian dan pengaruh backlink buat SEO untuk saat ini, kesimpulannya |“konten akan tetap menjadi yang paling utama dan backlink adalah sebagai pendukung saja”| Untuk membangun sebuah blog memang diperlukan kesabaran tingkat tinggi, google akan lebih memprioritaskan konten dan konten adalah barang yang paling berharga di mata google”, Jadi buatlah konten yang berkualitas, agar dilirik google. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sediki informasi saja, jika anda ingin membeli backlink berkualitas bisa hubungi saya di contact atau WA 085717333707.

Demikian artikel mengenai Pentingkah Backlink Untuk Website atau Blog? semoga bermanfaat ya!

6 Komentar untuk "Pentingkah Backlink Untuk Website atau Blog?"

Hana Nurdin mengatakan...

Meski Google sudah tidak mengupdate pagerank, ternyata masih sangat penting adanya backlink "berkualitas" itu...

Saya suka keterangan artikel ini, tadinya masih tidak paham tentang kedudukan "backlink" bagi web atau blog...

Ijin bookmark min,
Kali aja akan ada update keterangan yang lebih mantap tentang backlink kedepan...

Adam Syf mengatakan...

terima kasih mas jika suka dengan postingan artikel ini. semoga bermanfaat dan menambah ilmu untuk mas :)

lucky adhitya mengatakan...

Wah saya baru tau manfaat dari backlink.. saya izin praktik ilmunya min..

Amtread.com mengatakan...

Baru-baru ini saya lagi gencar-gencarnya nyari backlink sana sini untuk meningkatkan kualitas blog di serp. Cocok buat blogger nih yang mau maju

Adam Syf mengatakan...

monggo mas...

Adam Syf mengatakan...

iya mas tapi berhati-hati juga kalau ktemu backlink gratisan di google dsb rawan spam..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel