Cara Mengatasi RAM yang kotor

Cara Mengatasi RAM yang kotor - Random Access Memory atau disingkat RAM, merupakan komponen (hardware) penyimpanan yang akses datanya dilakukan secara acak, tidak memperhatikan letak data dalam memory. Berbeda dengan media penyimpanan lain seperti hardisk dan removable disk, data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, artinya akan hilang ketika RAM tidak dialiri listrik (komputer dimatikan). Komponen yang satu ini tergolong fragile (rapuh), terkena debu sedikit saja bisa mengganggu kinerja bahkan membuat rusak (Sumber: Wikipedia).

Cara Mengatasi RAM yang kotor

Ciri-ciri Kerusakan RAM

Berikut ciri-ciri RAM yang rusak atau error yang sering ditemui baik sebelum (gejala) atau setelah terjadinya kerusakan. Ciri berikut juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen lain.
  1. Komputer sering mengalami Error Blue Screen (BSOD).
  2. Power supply menyala, kipas processor berputar, cakram hardisk berputar (ada getaran), tetapi tidak ada tampilan pada monitor.
  3. Terdengan bunyi “bip” panjang terus-menerus, atau “bip” pendek satu kali, atau “bip..bip(3x)..bip” berulang saat booting komputer.
  4. Sistem sering “beku”, tidak bisa menerima dan menjalankan perintah.
  5.  Komputer sering hang mendadak.
Cara Memperbaiki RAM yang Rusak

Penting! Syarat Anda bisa melakukan langkah-langkah cara memperbaiki kerusakan RAM berikut adalah tidak adanya kerusakan fisik seperti pecah, patah, atau retak, juga tidak pernah terkena air sebelumnya ketika komputer menyala (konsleting). Baik, sekarang silakan lepaskan memory RAM Anda dari motherboard dan bisa dicoba beberapa cara berikut yang sudah saya susun berdasarkan tingkat kesulitan. Kemungkinan keberhasilan cara berikut adalah 60%, “Do With Your Own Risk”.

1. Bersihkan pin RAM dengan penghapus atau kain halus. 
2. Bersihkan RAM secara menyeluruh.
3. Beri stimulasi arus listrik pada RAM dengan Multimeter.

Sekian Cara Mengatasi RAM yang kotor, Semoga bisa membantu Anda dalam menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengganti yang mati dengan yang baru.


2 Komentar untuk "Cara Mengatasi RAM yang kotor"

Masgunggoyo mengatakan...

Akhirnya Saya Tau Ciri Ciri Kerusakan Ram Yang Sebenarnya Terimasih Artikelnya Mas ,Sangat Bermanfaat

Adam Syf mengatakan...

super sekali andah... :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel