Beberapa Faktor Penyebab Hardisk Badsector

Beberapa Faktor Penyebab Hardisk Badsector - bad sector pada hardisk adalah sebagian terkecil ruang dari hardisk yang rusak. Sector ini tidak merespon permintaan membaca atau menulis dari user.

Beberapa Faktor Penyebab Hardisk Badsector


Bad sector dapat terjadi di hardisk magnet (hardisk dari komputer lama) dan juga hardisk SSD (Solid State Drives). Ada dua tipe kerusakan bad sector, yang pertama rusak karena fisik misalkan saja hardisk jatuh dan ini tidak bisa diperbaiki, yang kedua rusak karena software dan ini bisa diperbaiki. Berikut ini WinPoin akan membahas seputar masalah bad sector pada hardisk, dari cara memperbaiki hardisk bad sector, penyebab hardisk bad sector, apa yang bisa dilakukan hardisk bad sector.

Tipe Hardisk Bad Sector

Ada dua tipe dari bad sector, yaitu “physical dan logical” bad sector atau “hard dan soft” bad sector.

Physical atau hard bad sector adalah sekelompok storage di hardisk yang rusak secara fisik. Mungkin hardisk terkena debu dan membuat sebagian sector menjadi rusak, cairan flash memory SSD mungkin sudah mengering, atau hardisk pernah jatuh dan merusak komponennya. Tipe kerusakan ini adalah tipe-tipe yang bisa dilihat mata atau kerusakan hardware. Jika sudah demikian, maka hardisk sudah tidak dapat diperbaiki.

Logical atau software bad sector adalah sekelompok storage di hardisk yang bekerja tidak benar. Mungkin sistem operasi mencoba untuk membaca data hardisk dari sector ini dan menemukan error correcting code (ECC) yang tidak tepat dengan konten dari sector yang menunjukkan ada sesuatu yang salah. Sehingga sistem operasi membaca ini sebagai bad sector, tetapi dapat diperbaiki dengan format secara low level. Menggunakan tools Windows Disk Check juga dapat memperbaiki permasalahan seperti ini.

Penyebab Hardisk Hard Bad Sector

Hardisk yang terlalu panas / overheat
Hardisk sudah mulai aus
Hadisk terjatuh atau tergoncang
Hardware lain yang sudah mulai “tua” dan mempengaruhi kinerja hardisk
Listrik yang tidak stabil
Ruangan yang berdebu
Komputer terjangkit virus atau malware
Hardisk SSD drop

Bad sector adalah hal yang akan menghantui kamu, tetapi janganlah takut akan hal ini. Kamu cuma harus melakukan backup pada data-data penting yang kamu miliki, jika kamu merasa ada data yang hilang maka coba periksa dengan tool Disk Check dari Windows.

Demikian artikel mengenai  Beberapa Faktor Penyebab Hardisk Badsector semoga bermanfaat!



4 Komentar untuk "Beberapa Faktor Penyebab Hardisk Badsector"

Iman Ridhwan Syah mengatakan...

Penyebab hardisk mengalami badsector yang disebutkan didalam artikel ini kok persis banget yang saya alami di HDD laptop tempur jadul saya. sebenarnya sih badsector ada dua jenis, badsector ringan dan berat. kalo yg ringan masih bisa dibackup data" nya.

Tapi kalo saya itu duh kena bad sector berat alias keseluruhan jadi enggak bisa di backup lagi deh datanya. padahal Data" nya banyak bgt dan penting pula huhuhu

Adam Syf mengatakan...

Iya mas, kalau sudah berat sekali tentu tak bisa di back up lagi data nya. Resiko mas hehe

Hendry Adriansyah mengatakan...

Wah banyak juga ya penyebab hardisk hard bad sector, jadi lebih berharberhat nih sama laptop saya. Oiya, kalau logical atau software bad sector ciri-cirinya seperti apa? Apa sama dengan hard bad sector? dan bagaimana cara mengatasinya?

Adam Syf mengatakan...

nanti akan dibahas di artikel selanjutnya mas...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel