Penjelasan Cloudflare & Keunggulan serta kekurangannya

Penjelasan Cloudflare & Keunggulan serta kekurangannya - Apa itu CloudFlare? Apa keuntungan dan kerugian menggunakan CloudFlare? Bagaimana saya bisa mengaktifkan CloudFlare di shared hosting atau VPS? Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para blogger atau webmaster. Pada artikel ini, kita akan membahas semuanya tentang CloudFlare.

Penjelasan Cloudflare & Keunggulan serta kekurangannya

Apa itu CloudFlare?

CloudFlare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Ada banyak keuntungan dan juga beberapa kerugian dari CloudFlare. CloudFlare adalah sebuah CDN yang berada ditengah-tengah antara nama domain dan web hosting. CloudFlare menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS, selain juga merupakan sumber cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat.

Bagaimana memberikan custom domain dengan blogger melalui CloudFlare?

CloudFlare adalah layanan gratis, dengan paket premium untuk situs dengan traffic tinggi. Hal ini memberikan kemampuan untuk mengubah web hosting tanpa harus menunggu propagasi name server. Misalnya, katakanlah kita memiliki situs denga host “A” dan ingin bermigrasi ke host “B”. Kita dapat melakukan migrasi dalam beberapa menit jika menggunakan CloudFlare. Tapi jika tidak menggunakan CloudFlare, proses migrasi mungkin dapat memakan banyak waktu. CloudFlare memiliki banyak data center di seluruh dunia, sehingga pengunjung akan dilayani oleh data center yang terdekat dengan mereka.

Keuntungan menggunakan CloudFlare

Menyembunyikan IP address asli dari web hosting sehingga hacker tidak dapat menyerang server.

Membuat cache situs sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server.
Memberikan perlindungan terhadap semua serangan DDoS dengan mengubah keamanan keamanan situs.
Jika situs down, CloudFlare akan terus melayani cached data sampai situs up kembali.
Jika registrar tidak memberikan pilihan untuk menambahkan DNS records, kita dapat menggunakan nameservers dari CloudFlare
dan menambahkan host DNS records disana.
CloudFlare menawarkan layanan gratis dan memungkinkan kita untuk menambahkan beberapa domain sekaligus.
Kita dapat memblok akses situs dari daerah atau negara tertentu, jika menerima banyak serangan dari negara-negara tertentu.
Memberikan SSL gratis, yang dapat juga digunakan pada shared host.

Kerugian menggunakan CloudFlare


Karena CloudFlare bertindak sebagai man-in-the-middle, jika CloudFlare down, situs juga akan down, bahkan jika web hosting up.

CloudFlare memungkinkan kita untuk mengubah keamanan website menjadi “I am under attack” mode, yang memblok semua
upaya serangan DDoS. Tapi juuga memblok semua robot, yang merupakan kerugian bagi sebagian orang.

Bagaimana mengaktifkan CLoudFlare pada shared hosting atau VPS?

Kunjungi website cloudflare.com dan daftar disana, gratis. Tambahkan domain kita dan secara otomatis CloudFlare akan mendeteksi nameserver dan IP address dari host yang kita gunakan saat ini. Cukup pilih pengaturan keamanan dan cache yang diinginkan dan klik next. Setelah semua proses dilakukan, copynameserver yang diberikan CloudFlare dan masukkan ke registrar domain kita.
Kesimpulan

CloudFlare adalah layanan yang powerful yang menyediakan tingkat keamanan dan redundansi yang sangat baik dan gratis.



Saya rasa artikel Penjelasan Cloudflare & Keunggulan serta kekurangannya sudah cukup lengkap dan jelas. Semoga bermanfaat. Pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar, apabila dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ya? Tq

No comments