Adakah Manfaat Mengirimkan Doa Al Fatihah Kepada Orang Yang Sudah Meninggal?

Adakah Manfaat Mengirimkan Doa Al Fatihah Kepada Orang Yang Sudah Meninggal? - Apa yang menjadi dasar bagi seseorang mengirim bacaan surah Al-Fatihah untuk orang yang sudah meninggal, sementara kita tahu bahwa surah Al-Fatihah dibutuhkan oleh orang yang masih hidup? Bukankah membaca surah Al-Fatihah dan surah-surah lainnya merupakan ibadah dan ibadah hanya diperlukan oleh orang yang masih hidup?

Adakah Manfaat Mengirimkan Doa Al Fatihah Kepada Orang Yang Sudah Meninggal?

“Imam Bukhari meriwayatkan sebuah peristiwa yang diceritakan dan dialami oleh sahabat Nabi, Abu Sa’id Al-Khudri. Singkat cerita, sekelompok sahabat Nabi saw. berkunjung ke sebuah perkampungan dan menemukan pemuka kampung itu sedang luka parah. Salah seorang di antara sahabat Nabi membacakan surah Al-Fatihah. Yang bersangkutan merasakan kesembuhan dan sekelompok sahabat Nabi itu pun diberi “upah berupa tiga puluh ekor kambing dan disuguhi susu.

Hal ini kemudian disampaikan kepada Rasulullah saw. dan beliau bersabda, “Dari mana dia mengetahui bahwa (surah Al-Fatihah) itu merupakan doa penyembuhan? (Ia memang demikian). Bagilah kambing-kambing itu dan beri aku sebagian.”

Ada sedemikian banyak keutamaan (fadhilat) surah Al-Fatihah, sampai-sampai dinyatakan dalam sebuah riwayat bahwa pahala membaca surah Al-Fatihah adalah “sebagaimana niat pembacanya”.

Seseorang yang membaca surah Al-Fatihah untuk orang yang meninggal biasanya mengajukan permohonan pengampunan dan ganjaran bagi orang yang didoakan.

Al-Qur’an memerintahkan kita untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia dan bahkan mengajarkan teks doa itu (baca QS. Al-Hasyr [59]: 10) dan mengajarkan bagaimana mengakhiri sebuah doa sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an, … Akhir doa mereka adalah “Alhamdulillah Rabb al-‘alamin” (QS. Yunus [10]: 10).

Ayat ini dan semacamnya berikut hadits-hadits di atas dan semacamnya mengantarkan banyak ulama berdoa dan mengakhiri doanya dengan membaca alhamdulillah Rabb al-‘alamin secara sempurna, yakni dengan membaca surah Al-Fatihah.

Anda benar bahwa surah Al-Fatihah dibaca sebagai ibadah. Akan tetapi, berdoa untuk orang yang meninggal pun ibadah.

Anda benar juga bahwa surah Al-Fatihah dibutuhkan oleh orang yang hidup.

Tetapi, mengakhiri doa sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya juga dibutuhkan oleh orang yang telah meningggal dunia.


Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Apa Manfaat Kirim Bacaan Al Fatihah untuk Orang Meninggal?, http://makassar.tribunnews.com/2015/06/18/apa-dasarnya-kirim-bacaan-al-fatihah-untuk-orang-meninggal.

Editor: Ilham Mangenre

8 comments

Akmal Farabi

Masya allah ..
begitu besar khasiat dan fadilah dari surat al-fatihah, yang disebut sebagai ummul quran.

artikel ini sangat membantu, untuk yang ingin mengirim alfatihah kepada saudara ataupun keluarga dan pribadi sendiri.. (y)

Muhammad Ramadhan

Assalamualikum,topik di atas adakah buku nya ? Saya mau membeli buku kunci hikmah bingung untuk membeli yg mana

Adam Syf

walaikumsalam mas, untuk saat ini saya mendapatkan informasi diatas dr berbagai sumber yg ada di internet, sumber terlampir mas..

Muhammad Hasan Bahtiar

Makasih Mas, o'iya ini pake template amp apa bukan

This comment has been removed by a blog administrator.
Mona Lisa

Hi , can I know where is your evidence on this ? Which Hadiths did you follow ?

Ar M.jonang

Lelucon bodoh mengirim alfatiha kepada rasulullah dan malaikat!!! Malaikat itu tidak berdosa dan tidak di hisab jd malaikat tidak butuh kiriman alfatiha dan rasulullah itu bukan di kirim alfatiha tp di baca sholawat itu tuntunan yg benar bukan ajaran turun temurun dari nenek moyang dg mengirim bacaan alfatiha yg tidak ada perintah dari rasulullah.